oleh

BNN Kolaka Gelar rapat Koordinasi berantas Narkotika bersama OPD Pemda Kolaka

-BERITA-1,133 views

FOKUSKATANEWS COM KOLAKA-
Untuk mewujudkan implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rancana Aksi Nasional P4GN, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar rapat koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD),berlangsung dihotel Sutan raja Kolaka, Kamis (21/1/2021).

Dalam rapat tersebut, BNN Kolaka menghadirkan Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa serta Kesbangpol Kolaka H.Safruddin,untuk menjadi narasumber sekaligus ikut menandatangani nota kesepakatan dalam memberantas narkotika di wilayah Kabupaten Kolaka

Rapat tersebut juga disepakati untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Kabupaten Kolaka.

Kepala BBNP Propinsi Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting meminta agar P4GN dapat di inplementasikan dilingkungan Kabupaten Kolaka secara bersama-sama,berdasarkan hasil rapat kerja BNNK Kolaka bersama pemerintah daerah setempat.

”Kami juga berharap agar Peratuaran Daerah tentang inplementasi dari P4GN segera dilahirkan. Supaya inplementasi P4GN betul-betul terlaksana khususnya di kabupaten Kolaka,” kata Brigjen Pol Sabaruddin Ginting.

Ia juga menambahkan, optimalisasi pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN memiliki enam generik yang wajib dilaksanakan meliputi sosialisasi, deteksi dini, membentuk satgas/relawan/penggiat antinarkoba, membuat regulasi, materi narkoba pada sekolah kedinasan, dan tes urine pada sekolah kedinasan.

“Kita berharap dengan dibentuknya desa/kelurahan bebas narkoba termasuk pembentukan relawan atau penggiat antinarkoba bisa meminimalkan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di daerah Kolaka,”ujar dia.

Sementara itu, Kepala BNNK Kolaka Bentonius Silitonga mengatakan, rapat tersebut juga sekaligus memetahkan empat target lingkungan di Kabupaten Kolaka, mulai dari lingkungan pemerintah, lingkungan swasta, lingkungan masyarakat serta lingkungan pendidikan.

”Kegiatan rapat semacam ini tidak berhenti disini saja, tetapi bakal dilaksanakan lagi rapat-rapat lanjutan, setelah itu kami bakal melakukan bimtek. Akan ada juga penggiat yang nantinya aktif pada setiap lingkungan yang bergerak hingga ke masyarakat,”Kata Bentonius Silitonga.

Dikatakan Bentonius, Desa menjadi fokus BNNK pada program kedepan agar Desa bersih dari peredaran gelap narkotika.

”Dari dua belas kecamatan di Kolaka, ada tiga kecamatan yang kami kategorikan sebagai zona merah dalam peredaran gelap narkotika yaitu, Kecamatan Pomalaa, Kecamatan Kolaka, serta Kecamatan Latambagga,” jelasnya

Lebih lanjut Kepala BNNK Kolaka menjelaskan, jika tidak menutup kemungkinan di delapan kecamatan yang tidak masuk kategori zona merah saat ini bisa menjadi peredaran gelap narkotika.

”Ya untuk saat ini ada sekitar 30 persen peredaran gelap narkotika di Kabupaten Kolaka,”ucap Bentonius Silitonga.

Untuk itu lebih jelas Bentonius menyatakan, jika BNNK Kolaka terus berupaya memutus peredaran gelap narkotika di kabupaten Kolaka.

Ditempat yang sama Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa mengatakan, narkoba saat ini masih menjadi masalah global termaksud di wilayah Kolaka, untuk itu dibutuhkan penguatan unsur-unsur terkait dalam memberantasnya.

Dikatakan Kapolres, dengan program P4GN dapat dipadukan dengan program kampung tangguh kepolisian, sehingga peredaran gelap narkotika perlahan bisa dihilangkan.

”Kami juga memiliki program kampung tangguh serta kegiatan lainya, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran gelap Narkotika. Kami juga berharap kegiatan kampung tangguh maupun kegiatan P4GN dapat di inplementasikan sehingga dengan begitu peredaran narkotika bisa diputuskan,” Tutup AKBP Saiful Mustofa,

BNNK Kolaka melakukan rapat kerja untuk mensinergikan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) bersama pemangku kepentingan lainnya dan instansi vertikal terkait strategi pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 di Kabupaten Kolaka.

Untuk diketahui, dalam kegiatan rapat tersebut beberapa unsur terkait melakukan penandatanganan sebagai bentuk sinergitas yakni Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Asisten I Setda Kolaka Muhammad Bakri, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, Kepala Kesbangpol Kolaka Safruddin, dan Kepala BNNK Kolaka Bentonius Silitonga dan dihadiri Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka, Jemi Setiawan dan Para Kepala OPD lingkup Pemerintah kabupaten Kolaka,”pungkasnya (fk1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *