oleh

Bupati Kolaka Pimpin Rakor Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dosis ke 2 dan Vaksinasi Lansia

-BERITA-258 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-
Bupati Kolaka Ahmad Safei memimpin langsung Rapat Koordinasi Vaksinasi Anak Usia 6-11 tahun, Dosis II dan vaksinasi Lansia yang ada di Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara,berlangsung di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka,pada jum’at (7/1/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut hadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Poitu Murtopo. Kepala BPBD, Kadis Kesehatan, yang mewakili Forkopimda, Kepala SKPD lingkup Pemda, Camat Se Kabupaten Kolaka, Kepala Puskesmas se Kabupaten Kolaka.

Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam arahannya menyampaikan, dalam rapat koordinasi vaksinasi anak di usia 6 hingga 11 tahun dosis II dan vaksinasi Lansia yang ada di kabupaten Kolaka.Adapun target sekolah tatap muka akan dibuka dengan syarat semua murid harus sudah divaksin seratus persen

“Pada hari senin nanti kita akan launching vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun. seluruh sekolah tatap muka akan dibuka dengan syarat  semua murid harus sudah divaksin 100%,”katanya

“Jadi tolong diknas nanti menyampaikan kepada semua kepala sekolah, apabila sudah ditentukan pelaksanaan vaksin di sekolah mana yang sudah dijadwalkan, saya harapkan agar semua orang tua murid turut hadir mendampingi anaknya,”ujarnya.

Untuk itu,dirinya berharap kepada seluruh Kepala Sekolah dan Kepala SKPD untuk bisa memberikan pemahaman kepada orang tua murid agar anaknya mau dan bisa divaksin.

“Seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat yang ragu atau takut untuk divaksin, oleh karena itu untuk vaksin anak usia 6 sampai 11 tahun kita namakan Imunisasi Merdeka Anak sebagai dasar vaksin,”jelasnya

Bupati Kolaka juga menyampaikan, kemarin dirinya diberikan apresiasi oleh Mendagri atas kolaborasi di Pemda Kolaka bersama TNI, POLRI dan Semua SKPD terkait target vaksinasi 70% yang bisa tercapai dalam kurun waktu 10 hari. Tentunya ini adalah sangat luar biasa, dan cuman Bupati Kolaka yang diundang oleh Mendagri serta juga dijadikan contoh untuk daerah lain.

“Sasaran kita untuk saat ini vaksin II masih ada sekitar 50.765 orang, sedangkan untuk vaksin anak sekitar 27.000 orang, jadi target kita secara keseluruhan sekitar 78.000 orang yang harus kita selesaikan,”ungkapnya

Lebih lanjut,kata dia untuk vaksinasi untuk lansia dirinya juga harus memberikan pemahaman, dan tugas kita untuk mencari ini dan mendata semuanya. Oleh karena itu, saya harapkan kepada semua Camat Se Kabupaten Kolaka untuk memerintahkan kepada RT, RW, Kepala dusunnya untuk melakukan pendataan penduduknya agar sinkron dengan capil.

“Untuk vaksin untuk lansia kita juga harus memberikan pemahaman, dan tugas kita untuk mencari ini dan mendata semuanya. Oleh karena itu, saya harapkan kepada semua Camat Se Kabupaten Kolaka untuk memerintahkan kepada RT, RW, dan Kepala dusunnya untuk melakukan pendataan penduduknya agar sinkron dengan capil,”harap Ahmad Safei.

Tak hanya itu, Bupati Kolaka juga menyarankan kepada semua sekolah dan SKPD untuk membuatkan Baliho terkait “Imunisasi Merdeka Anak” disetiap sekolah dan tempat vaksin lainnya. Serta juga harus membuatkan surat penundaan sementara vaksin bagi yang sakit, hal ini untuk masyarakat yang menerima bantuan dari pemerintah.

“Saya harap kepada semua SKPD untuk mengambil peran aktif dalam pelayanan vaksin dan melakukan kolaborasi dengan semua pihak agar sasaran target vaksinasi kita bisa tercapai dengan baik,”harap Ahmad Safei Bupati (fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *