oleh

PT Vale Gelar Sosialisasi Pra Kualifikasi Bersama Sejumlah Kontraktor Lokal Kolaka

-BERITA-128 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-  PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bersama sejumlah Asosiasi kontraktor lokal Kolaka menggelar sosialisasi pra kualifikasi, berlangsung di hotel Sutan raja Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), jumat (1/3/2022).

Dalam sosialisasi tersebut turut di hadiri Supervisor Procurement PT Vale Indonesia Tbk wilayah Sorowako, Tamrin, didampingi Manager Procurement Support & Vendor Management Wilvi, bersama Procurement Advisor Andi Nur Mutmain,dan KTT & External Relation PT. Vale Indonesia wilayah Pomalaa Hasmir, dan Adam Chalid selaku External Relation Officer PT Vale Indonesia Tbk, serta Misdar wakil External Relation PT Vale wilayah Pomalaa.

Adapun sejumlah Asosiasi Kontraktor lokal Kolaka yang hadir dalam sosialisasi tersebut diantaranya, HIPTI, HIPPO, ASKOJAPP, HP3M dan AMALA serta organisasi PROSDA.

Untuk di ketahui,dalam pelaksanaan kegiatan  sosialisasi yang digelar oleh PT Vale Indonesia ini, merupakan proses kegiatan untuk menyatukan rekanan atau kontraktor lokal sebagai group rekanan, dengan berdasarkan bidang teknis yang kualifikasi pada masing masing kontraktor lokal tersebut.

Ketua umum asosiasi Kontraktor Jasa Pertambangan Pomalaa
Mardi Sapan menyambut baik PT Vale yang telah mengutamakan warga lokal dalam program pemberdayaan untuk kontraktor lokal. Olehnya itu pihaknya berharap perusahaan PT Vale agar dapat melakukan update informasi khususnya kepada asosiasi kontraktor lokal Kolaka, saat jelang proses tender nantinya.

“Kami dari asosiasi ASKOJAPP menyambut baik dan tentunya sangat mendukung investasi yang akan dilakukan PT.Vale di Kabupaten Kolaka khususnya di Kecamatan Pomalaa.Untuk itu kami berharap investasi Itu segera direalisasikan dalam tahun ini,”katanya

Menurut dia dengan dilaksanakannya sosialisasi pra kualifikasi tersebut, keseriusan PT Vale berinvestasi di blok pomalaa dalam program pemberdayaan untuk kontraktor lokal yang ada diwilayah Kolaka.

“Dilaksanakannya sosialisasi pra kualifikasi, menurut kami pertanda baik karena ada keseriusan PT Vale berinvestasi dalam program pemberdayaan untuk kontraktor lokal yang ada di Kabupaten Kolaka,”katanya

Lebih lanjut,kata dia terkait dengan perusahaan Sumitomo kontraktor lokal yang ada di Kabupaten Kolaka berharap dalam proses pekerjaan project yang akan melibatkan kontraktor lokal.

“Kami harap dalam proses pekerjaan project yang akan melibatkan kontraktor lokal selama pekerjaan tersebut bisa dikerjakan oleh kontraktor lokal, maka pihak sumitomo tidak boleh memberikan pekerjaan tersebut kepada perusahaan dari luar,”ungkap Mardi Sapan saat di temui usai kegiatan sosialisasi pra kualifikasi.

Sementara itu,Supervisor procurement PT Vale Indonesia wilayah Sorowako, Tamrin,mengatakan bahwa kegiatan sosialisai pra kualvikasi yang digelar tersebut,bertujuan mencari dasar untuk melihat kontraktor lokal mana yang dapat dijadikan rekanan jelang proses tender pekerjaan tertentu, yang akan digelar oleh PT Vale nantinya.

“Teman teman kontraktor lokal yang hadir dari berbagai organisasi, dalam
kegiatan hari ini, mereka bersepakat membentuk grup dalam menyatukan
persepsi sesama kontraktor lokal Kolaka, dan allhasil mereka juga sudah memahami soal persyaratan, saat tahapan proses tender yang akan dilaksanakan nantinya,” kata Tamrin

Tamrin juga mengungkapkan output dari sosialisasi pra kualifikasi itu nantinya akan dijadikan dasar untuk pelaksanaan tender, jadi kontraktor lokal atau rekanan yang akan diundang untuk suatu pekerjaan tertentu.

“Output dari sosialisasi ini adalah nantinya saat pra kulifikasi akan dijadikan dasar untuk melaksanakan tender, jadi kontraktor atau rekanan yang akan diundang untuk suatu pekerjaan tertentu, kita sesuaikan dengan bidangnya, kualifikasi serta kemampuan teknisnya. Karena prakulifikasi ini adalah yang pertama dilaksanakan di Blok Pomalaa Kabupaten Kolaka, maka akan dibuat sederhana dan tidak seketat dibanding di Sorowako,” ungkap Tamrin.

Ia menjelaskan penyerdehanaan sistim pra kualifikasi di Kolaka dengan Sorowako memang sedikit berbeda. Sebagai contoh, di Sorowako setelah rekanan memasukkan dokumen akan dilakukan verifikasi faktual atau kunjungan lapangan, namun di Blok Pomalaa hanya dilakukan verifikasi dokumen tanpa adanya verifikasi atau kunjungan lapangan, dengan harapan prosesnya lebih cepat dan tidak memberatkan rekanan. Sementara terkait penggunaan jasa rekanan nasional, kata Tamrin bahwa dalam kontrak dengan rekanan nasional ada persyaratan yang membolehkan penggunaan sub kontraktor lokal.

“ Kita sangat memperhatikan pemberdayaan kontraktor lokal, untuk itu jika ada kontraktor nasional yang membutuhkan sub kontraktor, kami sudah punya data kontraktor lokal mana saja yang bisa bermitra dengan kontraktor nasional yang nantinya menjadi pemenang tender,” jelas Tamrin Supervisor Procurement PT Vale Indonesia wilayah Sorowako.

Meski PT Vale selama ini mengutamakan kontraktor lokal sebagai bentuk keutamaan dalam program pemberdayaan warga lokal.Namun Tamrin juga berharap agar khususnya kontraktor lokal dapat memenuhi semua persyaratan sesuai bidang teknis dalam satu projek tertentu.

“Di blok Pomalaa ini, baru kali pertama dilakukan sehingga kemungkinan dalam proses tender nantinya, PT Vale akan melakukan dengan cara yang lebih simpel,dan berbeda dengan apa yang dilakukan di Sorowako,” ungkapnya.

Tamrin juga menjelaskan, sebelumnya pihak PT Vale telah menerima list dari dua asosiasi yang ada di Kolaka, sehingga sebagian besar kontraktor lokal Kolaka yang tergabung dalam Asosiasi belum terjangkau oleh PT Vale pada tender yang dilakukan tahun lalu.

“Allhamdullilah, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini sehingga kita dapat mengidentifikasi sebanyak mungkin kontraktor lokal yang tergabung dalam berbagai asosiasi yang ada di Kabupaten Kolaka,”jelasnya.

Ia mengungkapkan, meski dalam proses tender sebagai pemenang adalah kontraktor nasional,namun dalam aturan kontrak PT Vale soal kontraktor nasional tersebut, terdapat satu pasal untuk memperbolehkan kontraktor nasional melakukan supkon dengan kontraktor lokal.

“Saya tegaskan setiap kali PT Vale akan melakukan proses tender, kita juga akan melakukan asesmen untuk mencari keahlian kebutuhan Projek, sehingga nantinya hasil sosialisai pra kualivikasi ini  akan dijadikan feedback untuk melihat rekanan lokal yang bisa bermitra dengan kontraktor nasioanal,” ungkap Tamrin Supervisor Procurement PT Vale Indonesia wilayah Sorowako.””(fkn).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *