oleh

Ikuti Capping Day, 42 Alumni USN Resmi di Angkat Sumpah Perawat dan 43 mahasiswa Akan Ikuti Pratek di Lapangan

-BERITA-36 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Sebanyak 85 mahasiswa resmi mengikuti Capping Day Angkatan XX dan Angkat Sumpah Perawat Angkatan XVI dan XVIII Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga  Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Mengambil tema “Dengan Janji / Sumpah Perawat, Mari Menjujung Tinggi Etika dan Tanggungjawab Profesi”. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Akper Selasa (26/4/2022).

Dalam kegiatan Capping Day tersebut turut dihadiri Sekretaris PPNI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Sapril,Seketaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USN Kolaka.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka Rina Rembah mengatakan, terkhusus alumni ia berharap agar dapat mengemban amanat kampus. Menurutnya, ada nama besar yang dibawa oleh mahasiswa ketika terjun ke dunia kerja, ia juga menginginkan mahasiswa dapat bekerja di tempat yang sesuai dengan disiplin ilmu yang diterima sewaktu kuliah.

“Kita harapkan mereka yang di sumpah ini bekerja dengan profesional, ada tanggung jawab besar di balik itu, bahwa alumni berarti mereka mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan nama besar kampus ini, terutama D3 keperawatan ini diluar gaung yang lebih besar lagi, itu harapan kita,” harap Rina Rembah

Di tempat yang sama, Rosani Naim menjelaskan dari 85 perawat tersebut, 42 di antaranya disumpah profesi dan menjadi alumni, sementara 43 lainnya akan mengikuti praktek lapangan di Rumah Sakit (RS) Benyamin Guluh Kabupaten Kolaka.

“Dari 42 mahasiswa yang disumpah dan menjadi alumni, dan 43 yang Capping Day untuk praktek, akan melaksanakan praktek di Benyamin Guluh. Ada 2 mata kuliah yang dilaksanakan selama praktik, yakni materi keperawatan dasar itu 3 minggu, ditambah praktik bedah medical itu 2 minggu, jadi totalnya 5 minggu 30 Hari,” papar Ketua Program Studi D3 Keperawatan USN Kolaka Rosani Naim.

Ia berpesan,kepada mahasiswa keperawatan yang akan melakukan praktek lapangan agar menerapkan teori yang diajarkan di kampus, seperti, etika profesi dan komunikasi.

“Selama ini mereka diajari teori, seperti apa itu etika profesi, seperti apa teknik komunikasi politik itu, jadi bagaimana mereka bisa menerapkan semua itu nanti di rumah sakit. Karena, mereka akan bekerjasama dengan berbagai profesi dan bagaimana mereka melayani pasien dan keluarganya, bagaimana mereka adaptasi dengan hal-hal tersebut,” ungkap Rosani Naim.**(fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *