oleh

Peringati Hari Ibu ke-94, USN Negeri Kolaka Gelar Lomba Masak Bagi Ibu-Ibu Civitas Akademika

-BERITA-16 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP), Universitas Sembilanbelas November (USN) Negeri Kolaka, menggelar lomba masak aneka makanan, bagi ibu-ibu Civitas Akademika, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94 tahun 2022 dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” berlangsung di Auditorimu USN Kolaka, Kamis (22/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut di hadiri,Rektor USN Negeri Kolaka Dr.Nur Ihsan HL bersama ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Universitas Sembilanbelas November Negeri Kolaka Nuraidah,Para Wakil Rektor serta seluruh Civitas USN Negeri Kolaka.

Rektor USN Kolaka Dr.Nur Ihsan HL mengatakan,dalam memperingati Hari Ibu ke-94 tahun 2022 ini, agar semua laki-laki dapat lebih menghargai lagi Perempuan khususnya dalam kesetaraan jender. Bahwa lembaga-lembaga Nasional yang memperjuangkan hak-hak perempuan, Namun belum sepenuhnya maksimal, bahkan cenderung sering terjadi kekerasan perempuan.

“Semua ini tentu dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” dimoment Hari Ibu ke-94 tahun ini, kita semua dapat lebih menghargai lagi Perempuan khususnya dalam kesetaraan jender. Untuk itu khususnya para Civitas Akademika USN Negeri Kolaka yang menjadi suami dari istri-istri mereka, agar menjadi suami yang melindungi istrinya,” Ungkapnya.

Nur Ihsan menjelaskan, selama ini USN Negeri Kolaka selalu memperkuat program-program pemerintah pusat, baik itu pemberdayaan perempuan atau kesataraan jender dalam lingkup USN.

“Kami selalu perkuat kesetaraan jender, yang mana untuk pegawai maupun staf atau karyawan di USN
ini, lebih banyak perempuan dibanding laki-laki dan bukan hanya pada tenaga pedidik saja, bahkan mahasiswa di USN Negeri ini yang dominan itu adalah Mahasiswi,” Katanya.

Lebih lanjut kata dia, secara kuantitas di lingkungan USN Negeri Kolaka ini, para perempuan benar-benar diperdayakan dengan baik, sebagaimana di Hari Ibu yang ke-94 tahun ini, yang bertemakan “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Universitas Sembilanbelas November Negeri Kolaka Nuraidah mengatakan, bahwa digelarnya lomba memasak aneka makanan ini dalam memperingati hari ibu ke-94. Kegiatan tersebut di ikuti para peserta dari pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) USN dari fakultas yang ada di USN Negeri Kolaka.

”Peserta lomba masak ibu-ibu ini, diikuti ibu dari pengurus Dharma Wanita Persatuan dari beberapa fakultas di USN Kolaka, para peserta tidak diperbolehkan menggunakan bahan baku dari beras untuk mengolah masakannya,” kata Nuraidah

Kata Nuraidah, para peserta dibebaskan untuk menentukan jenis makanan, baik berupa cemilan, kolak maupun makanan berat, peserta diwajibkan menggunakan bahan baku khas daerah Kabupaten Kolaka, yakni pati sari sagu, jagung, pisang, dan labu.

“Pengurus Dharma Wanita telah bersepakat untuk tidak menggunakan beras dalam lomba masakkan kreasi kali ini. Hal itu dilakukan guna memperkenalkan kepada ibu-ibu agar dapat mengurangi karbohidrat saat menyajikan makanan di setiap harinya,”ungkapnya.

Diketahui dalam memperingati Hari Ibu ke-94 tahun ini, para ibu-ibu Civitas Akademika Unversitas Sembilanbelas November Negeri Kolaka melaksanakan kegiatan lomba memasak yakni makanan alternatif non beras,antara lain, masakan dari bahan buah pisang, dan masakan makanan lokal dari bahan
ubi kayu, ubi jalar, labu serta masakan makanan alternatif dari bahan buah jagung.**(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *