oleh

USN Kolaka Kembali Dapat Tiga Prodi Terakreditasi B

-BERITA-14 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kembali mendapat kinerja positif. Setelah mengikuti akreditasi yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).

Adapun dua program studi yang mendapat Akreditasi B yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Indonesia berhasil meraih akreditasi B, Baik Sekali.

Ketua prodi Bahasa Indonesia USN Kolaka Takwa Rahman mengatakan, telah melakukan persiapan sejak Juli 2022 lalu untuk mengikuti akreditasi. Salah satu hal yang menurutnya cukup berperan dalam peningkatan akreditasi prodinya adalah penyerapan alumni Prodi Bahasa Indonesia di dunia industri.

“Kami telah lakukan persiapan sejak Juli 2022 lalu untuk mengikuti akreditasi. Salah satu hal yang menurutnya cukup berperan dalam peningkatan akreditasi prodinya adalah penyerapan alumni Prodi Bahasa Indonesia di dunia industri,”kata Takwa Rahman ketua prodi Bahasa Indonesia.

Sementara ketua prodi Pendidikan Bahasa Inggris USN Kolaka Lina Anisah mengatakan tahun 2023 ini pihaknya berhasil mempertahankan akreditasi B. Namun kedepannya, ia menargetkan Prodi Bahasa Inggris dapat meningkatkan akreditasi menjadi A unggul.

“Kami di prodi Bahasa inggris sudah tiga kali terakreditasi B Baik Sekali. Lima tahun lagi kita target meningkatkan akreditasi menjadi A unggul,” ungkap Lina Anisah ketua prodi Bahasa inggris

Sementara itu Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan HL mengatakan, untuk prodi pendidikan bahasa inggris merupakan ketiga kalinya mendapatkan akreditasi B, dan sementara  pendidikan bahasa indonesia, berhasil meningkatkan statusnya dan mendapat akreditasi B, maka dari itu USN Kolaka hingga saat ini telah memiliki tiga prodi berakreditasi B. Salah satunya adalah prodi hukum.

“Ada dua prodi yang ada di USN Kolaka kembali berhasil mendapatkan Akreditasi B, untuk prodi pendidikan bahasa inggris merupakan ketiga kalinya mendapatkan akreditasi B, dan sementara  pendidikan bahasa indonesia, berhasil meningkatkan statusnya dan mendapat akreditasi B,”katanya, pada kamis (05/1/2023).

Dr. Nur Ihsan menjelaskan akreditasi yang telah dicapai agar dapat terus ditingkatkan. Oleh itu ia juga berharap agar program studi lainnya yang ada USN Kolaka, dapat meningkatkan kapasitas dan terakreditasi.

“Akreditasi itu didalamnya  ada beberapa aspek yang dinilai yakni mulai dari proses penyelenggaraan kuliahnya, sarpras, dan terakhir bagaimana lulusannya terserap ke dunia kerja. Jadi tidak bisa lagi kampus berpikir sekedar mencetak alumni, tapi bagaimana kampus memikirkan penempatan atau alumni ini bisa bekerja dengan layak,”
jelasnya

Ia mengungkapkan dengan peningkatan akreditasi prodi,
USN Kolaka juga akan menatap peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).Ada berapa poin yang harus dicapai terlebih dahulu untuk APT, diantaranya 30 persen prodi sudah terakreditasi B. Dengan kondisi saat ini yang baru 10 persen Prodi terakreditasi, rektor menyebut akan butuh usaha keras untuk APT. Namun USN punya harapan besar, karena dalam tahun ini, 7 Prodi lainnya akan mengikuti akreditasi.

“Kami sudah mempunyai pengalaman dari akreditasi prodi pendidikan Bahasa Inggris dan pendidikan Bahasa Indonesia baru-baru ini,semuanya itu sangat berharga untuk diambil pelajaran oleh prodi lain yang ada di USN,” ungkapnya.

Nur Ihsan juga menyebut semakin banyak prodi terakreditasi, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mutu pendidikan di USN Kolaka.

“Untuk diperusahaan sendiri biasanya akan perhatikan lulusan Universitasnya darimana, kemudian akreditasi prodi dan perguruan tingginya apa, dengan adanya jaminan mutu lulusannya apa, maka tidak ada kewatiran bagi pengguna jasa nanti dalam hal lulusan, belum bisa semua prodi, tetapi kami pelan-pelan kami akan dorong semua di perusahaan,” ungkap Dr Nur Ihsan.**(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *