oleh

Perusda Kolaka Terima Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak

-BERITA-10 views

FOKUSKATANEWS.COM.MAKASSAR-Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha Kabupaten Kolaka mendapat Piagam Penghargaan dari  Dr. Arridel  Mindra, SP.I.,M.Si, Selaku Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulselbartra. untuk kategori wajib pajak badan dengan kontribusi PPN dan PPh sepanjang 2022. Penyerahan piagam penghargaan tersebut di terima langsung oleh Plt. Dirut Perusda Kolaka, Armansyah. SE, pada gelaran Gala Dinner with Tax Payer di Hotel Claro Makassar, Rabu (8/2/2023) malam.

Diketahui total perusahaan sebanyak 24 perusahaan yang ada dilingkup tiga provinsi di wilayah DJP Sulselbartra yang menerima penghargaan piagam tersebut.

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra Arridel Mindra, memberikan apresiasi terhadap seluruh wajib pajak badan, termasuk PT Vale yang telah patuh dan memberikan kontribusi besar dalam penerimaan negara. Kegiatan yang diinisiasi pihaknya ini merupakan bentuk apresiasi kepada mereka yang taat pajak, baik wajib pajak badan maupun orang pribadi.

“Semoga acara ini memberikan kesan dan pesan bahwa DJP ingin lebih dekat dengan tax Payer. Pembayar pajak ini adalah pejuang APBN,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Arridel juga memaparkan soal kinerja 2022 dan proyeksi 2023. Salah satu yang cukup menonjol adalah lonjakan pertumbuhan pajak dari sektor pertambangan. Kontribusi sektor ini menempati urutan ketiga sebesar 12,6 persen, dengan pertumbuhan tertinggi menembus 123 persen dari Rp951 miliar pada 2021 menjadi Rp2,12 triliun pada 2022.

“Administrasi pemerintahan masih paling tinggi kontribusinya (27 persen), lalu perdagangan (19,3 persen). Namun, sektor pertambangan tumbuh luar biasa (123 persen,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah, terdapat 16 jenis pajak daerah yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah, yang terdiri dari tujuh jenis pajak yang pemungutannya merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi dan sembilan sembilan jenis pajak yang pemungutannya merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Plt. Dirut Perusda Kolaka, melalui Divisi Tambang Haning Abdullah mengatakan bahwa PD. Aneka Usaha dalam meraih piagam penghargaan, merupakan wujud kerjasama tim di bawah pimpinan Armansyah.

“Pembayaran pajak Perusda Kolaka, sumbernya itu dari beberapa sektor, namun sektor pertambangan memang yang paling besar,” Kata Haning

Ia mengungkapkan, Perusda Kolaka mendukung program Reformasi perpajakan untuk mewujudkan institusi perpajakan yang lebih baik,  terus mendukung program kerja Perpajakan untuk target penerimaan pajak guna membantu penerimaa  pendapatan Negara melalui sektor pertambangan.

“Kami mendukung program Reformasi perpajakan untuk mewujudkan institusi perpajakan yang lebih baik,  terus mendukung program kerja Perpajakan untuk target penerimaan pajak guna membantu penerimaan pendapatan Negara melalui sektor pertambangan,”ungkap Haning Abdullah.**(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *