oleh

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Antam Laksanakan Bersih-bersih Pantai dan Tanam Pohon

-BERITA-11 views

PT Antam Tbk UPBN Kolaka  melaksanakan bersih-bersih pantai dan tanam pohon dalam rangka peringati hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 dengan mengusung tema “Kendalikan Sampah Plastik”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh PT. Antam Tbk. UBPN Kolaka pada bulan Juni hingga Juli 2023, yang rangkaikan dengan kegiatan penanaman pohon endemik pada area reklamasi yang telah dilaksanakan pada 5 Juni 2023 yang dibuka langsung oleh Pls. General Manager PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka, Ridho Anggoro Adhi Kusumo.

Mine Environmental Management Assistant Manager PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka, Charles Andrianto menjelaskan,bahwa kegiatan penanaman pohon dilaksanakan pada salah satu area rehabilitasi lahan bekas tambang Tahun 2023 yaitu bukit Rubicon dengan luasan ±8 Ha. Berbagai tanaman endemik yang digunakan dalam kegiatan rehabilitasi lahan bekas tambang ditanam oleh para peserta.

Adapun jenis-jenis tanaman yang ditanam diantaranya rengas/mangga-mangga (Buchanania arboreschens), tirotasi (Astonia macrophylla), kayu bitti (Vitex coffasus), Kayu Besi (Xanthostemon aurantiacus) serta cemara laut (Casuarina equisetifolia).

“Di tahun 2023 sendiri PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka merencanakan melakukan rehabilitasi lahan bekas tambang seluas 30 Ha dengan jumlah pohon yang ditanam kurang lebih 48.000 pohon,” jelas Charles, pada Senin (05/06/2023).

Diketahui dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh management, penanggung jawab operasional (PJO), serikat pekerja serta pekerja baik karyawan Antam maupun mitra kerja ditandatangani juga komitmen pengendalian sampah. Selain mendatangani komitmen tersebut dilaksanakan juga sosialisasi penggunaan tumbler/jug/botol dalam bekerja sebagai pengganti penggunaan air minuman dalam kemasan (AMDK) dalam rangka mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Sementara itu, Health Safety and Environment (HSE) Specialist PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka, Manasje sebagai koordinator pelaksanaan pembersihan pantai atau coastal clean up (CCU) 2023 mengatakan, bahwa rangkaian aksi lingkungan PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka, kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada 10 Juni 2023 adalah kegiatan. CCU 2023.

Kegiatan tersebut berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. PT. Antam, Tbk UBPN Kolaka sendiri berpartisipasi melaksanakan CCU 2023 pada pesisir Pomalaa dengan area yang dibersihkan mencapai ±800 meter persegi.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini diikuti oleh pekerja baik karyawan Antam, mitra kerja serta mahasiswa yang sedang melaksanan kerja praktik diperoleh 164,6 kg sampah. Sampah tersebut terdiri dari 10,4 kg sampah organik dan 154,2 kg sampah anorganik yang sebagian besar merupakan sampah plastik. Sampah-sampah yang sudah  terkumpul selanjutnya dibawa ke TPA untuk pengelolaan lebih lanjut.

“PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka memiliki garis pantai yang sangat panjang pada area operasinya sehingga kita wajib menjaganya agar tetap indah dan lestari,”jelas Manasje

Ditempat yang sama, Taufik Ahmady Health, Safety and Environment (HSE) Manager PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka juga menjelaskan, bahwa
dalam operasi PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka mengelola sampah secara mandiri. Seluruh sampah yang berasal dari kegiatan domestik, pabrik dan fasilitas penunjang senantiasa dikumpulkan dan dikelola pada fasilitas TPA.
Di tahun 2023 PT. Antam, Tbk. melakukan uji coba penerapan peyeumisasi dalam pengelolaan sampah. Dalam kegiatan ini sampah domestik yang terkumpul difermentasi untuk meningkatkan nilai kalorinya.

“Peningkatan nilai kalori pada sampah tersebut menyebabkan sampah yang semula tidak bermanfaat menjadi memiliki potensi untuk dapat digunakan sebagai subtitusi bahan bakar. Peyeumisasi sendiri dilakukan dengan melakukan fermentasi terputus, yakni membiarkan mikroorganisme memecah hidrokarbon rantai panjang menjadi hidrokarbon yang lebih pendek namun tidak sampai selesai dan menyisakan alkohol sebagai produknya sehingga memiliki nilai kalori yang lebih tinggi dari sampah semula. Kelebihan dari peyeumisasi ini adalah fermentasi yang dilakukan tidak perlu memisahkan antara sampah organik dan anorganik karena keduanya sudah memiliki nilai kalori,” jelas Taufik, pada Sabtu, (10/06/2023).

Selain itu, kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian aksi lingkungan PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, adalah Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Limbah Padat Non B3 pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023.

Untuk di ketahui dalam kegiatan ini seluruh penghuni perumahan PT. Antam, Tbk. UBPN Kolaka berpartisipasi melakukan segregasi sampah untuk dikelola sesuai jenisnya. Harapannya dengan seluruh rangkaian aksi lingkungan yang akan terus berlangsung sepanjang bulan Juni 2023, PT. Antam, Tbk. dapat berpartisipasi menjadikan bumi ini lebih hijau dan indah serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan.**(DRT).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *