oleh

USN Kolaka Sukses Gelar Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun 2023

-BERITA-20 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN) Kolaka telah sukses menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan lokasi yang berbeda, pertama di mulai 4 hingga 5 September 2023 bertempat di aula hotel sutan raja Kolaka. Kemudian hari kedua 4 september 2023 bertempat di masing-masing fakultas.

Total peserta mahasiswa baru USN Kolaka tahun ajaran 2023/2024 mencapai 1.457, termasuk peserta dari Buton Tengah. PKKMB kali ini mengangkat tema yang sangat relevan, yaitu “Rekonstruksi Pemikiran Mahasiswa, Menuju Kehidupan Kampus yang Bermartabat.”

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Wakil Rektor 1 USN Kolaka Ibu Ir. Rina Rembah, S.T., M.T dan Wakil Rektor 3 USN Kolaka Bapak Qammaddin, S.Kom., M.Kom., CITSM berserta beberapa Civitas Akademika USN Kolaka.

Wakil Rektor 1 USN Kolaka,  menyampaikan, bahwa pelaksanaan PKKMB berjalan dengan lancar dan aman. Adapun tema yang dipilih bertujuan untuk meningkatkan martabat kampus, menekankan pentingnya pembentukan karakter, serta pengembangan kompetensi mahasiswa dalam rangka mendukung pembangunan bangsa.

“PKKMB, atau yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi Indonesia. Tujuan utamanya adalah memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Dalam Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh para ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), untuk memperkenalkan masing-masing UKM yang ada di USN Kolaka,”katanya

Selain itu, kata dia, PKKMB juga bertujuan meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air, serta membantu mahasiswa baru memahami arti penting pendidikan, karakter, dan kompetensi dalam pembangunan bangsa.

“Mahasiswa baru harus memahami arti penting pendidikan dan karakter, serta  kompetensi dalam pembangunan bangsa,”jelasnya

Sementara itu, Ketua BEM USN Kolaka Muh. Idul Fikri
mengatakan, dalam kegiatan ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USN Kolaka beserta para panitia telah berperan penting dalam melakukan persiapan matang untuk memastikan kelancaran acara ini.

“Kami mempersiapkan yang matang. Mulai dari awal perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan ini. Alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan lancar,”katanya

Fikri juga menjelaskan, dalam kegiatan PKKMB juga menghadirkan sejumlah pemateri yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan, sikap, dan kepribadian mahasiswa baru.

“Semoga PKKMB tahun ini dapat memberikan bekal yang berharga bagi para mahasiswa baru dalam mengarungi kehidupan kampus yang bermartabat,”jelas Muh. Idul Fikri.

Komunitas Mahasiswa USN Kolaka Membawa Semangat Berwirausaha

Dalam rangka mendukung perkembangan kreativitas dan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa, Simple Brother hadir dengan gemilang dalam Expo Agripreneur yang diadakan oleh Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka pada tanggal 21 September 2023.

Simple Brother adalah sebuah komunitas yang mulai terbentuk dari perkumpulan mahasiswa Prodi Sistem Informasi angkatan 22 USN Kolaka. Nama “Simple Brother” memiliki makna yang dalam; “saudara sederhana.” Mereka adalah saudara dalam arti sejati, tanpa memandang status sosial, suku, agama, ras, dan sebagainya. Komunitas ini bertujuan untuk membentuk ikatan persaudaraan yang kuat dan memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka.

Namun, seiring berjalannya waktu, Simple Brother menghadapi tantangan dalam hal arah dan tujuan yang jelas. Hal ini membuat Joko M. Rasid, seorang mahasiswa, memimpin upaya untuk memberikan arah yang lebih jelas dan bermanfaat bagi komunitas dan orang lain.

Komunitas Mahasiswa USN Kolaka mengadakan rapat pada tanggal 19 September 2023, yang menghasilkan perubahan besar. Pihaknya akan menambahkan “Projek” ke nama Simple Brother dan merumuskan visi, misi, serta tujuan yang jelas. Tujuannya adalah memberikan fasilitas dan wadah pembelajaran berwirausaha kepada kaum muda sebagai alternatif dalam mengembangkan ide dan inovasi di era industri 4.0.

Dalam Visi tersebut adalah menumbuhkan minat wirausaha di masyarakat serta membuka peluang kerja dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Misi mereka adalah menciptakan anggota Simple Brother Projek yang mandiri, adil, jujur, dan bertanggung jawab.

Untuk mencapai tujuan, Simple Brother Projek dalam merencanakan berbagai program kerja, termasuk penyediaan jasa seperti pembuatan stiker, desain logo, sewa alat camp, print dan jilid, pembuatan video, dan pengantaran. Mereka juga berencana untuk menjual pulsa, paket data, berbagai jenis makanan dan minuman, serta pakaian bekas berkualitas.

Partisipasi aktif Simple Brother dalam Expo Agripreneur adalah contoh nyata semangat mahasiswa USN Kolaka dalam menggali potensi wirausaha dengan tekad kuat dan inovasi, mereka siap berkontribusi dalam pengembangan bisnis dan ekonomi Indonesia di masa depan.

Jadikan Ajang Evaluasi, IKMA Sulawesi AKan Gelar Kongres di Kolaka

Ikatan Mahasiswa Administrasi Sulawesi (IKMA SULAWESI) akan menggelar seminar Nasional dan Kongres ke X pada 18 hingga 21 September 2023 di Kabupaten Kolaka. Selain untuk memilih Sekjend periode 2023-2024, Kongres ini juga diharapkan dapat menjadi sarana evaluasi.

Adapun jumlah kampus sebanyak 35 se-Sulawesi yang akan mengikuti Kongres dengan tema “Transformasi Arah Gerak IKMA Menuju Indonesia Emas 2045”.

Eks Korwil IKMA wilayah Sulawesi Tenggara 2021/2022, Darman berharap, bahwa kongres ini turut menjadi sarana untuk mengevaluasi perjalanan organisasi. Sehingga IKMA bisa menentukan langkah-langkah strategis ke depan.

“Kita berharap Kongres dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi perjalanan organisasi sebelumnya dan menyiapkan langkah-langkah strategis untuk pengembangan organisasi ke depan,” kata Darman dalam keterangannya, Sabtu (16/9/2023).

Selain itu, Darman juga mengatakan agenda utama Kongres adalah memilih Sekjend baru, untuk memperkuat silaturahmi, dan menggodok gagasan baru untuk kelembagaan IKMA, Salah satunya adalah Menasionalkan IKMA.

“Selain memilih Sekjend, Kongres juga digelar untuk mempererat silahturahmi himpunan mahasiswa administrasi se Sulawesi dan merumuskan ide-ide dan gagasan baru untuk penataan organisasi IKMA, yakni menggagas Ikma menjadi organisasi Nasional di usia yang sudah tdk muda lagi serta memiliki visi yang jelas sudah saatnya IKMA melebarkan sayapnya di indonesia, ungkap Darman.(***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *