oleh

Bupati Lutim Apresiasi PT Vale Bangun Dermaga Dukung Sektor Perikanan

-BERITA-2 views

FOKUSKATANEWS.COM.LUWU TIMUR-  Bupati Luwu Timur Budiman mengapresiasi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) atas komitmennya dalam mendukung pengembangan disektor perikanan, salah sautnya dengan telah membangun Dermaga Harapan, Desa Harapan, Kecamatan Malili.

Apresiasi tersebut disampaikan Budiman saat meresmikan Dermaga Harapan, Senin (31/10/2023).

Sebagai tanda resminya penggunaan jembatan ini, Bupati melakukan prosesi pengguntingan pita dan penandatangan Prasasti serta Berita Acara Serah Terima Aset dari PT Vale ke Pemerintah Desa.

Dermaga tersebut merupakan salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) di Kawasan Pesisir dan Industri Olahan Hasil Laut.

Budiman mengatakan, pembangunan Dermaga Harapan merupakan bentuk komitmen Pemkab Luwu Timur bersama PT Vale dalam mendukung sektor perikanan Kecamatan Malili khususnya Desa Harapan yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Pada kesempatan itu, Budiman mengajak semua masyarakat yang menerima manfaat untuk berterima kasih dan bersyukur atas upaya yang dilakukan PT Vale dalam mewujudkan program pembangunan yang bekelanjutan.

“Terima kasih PT Vale, dermaga ini alhamdulillah kita resmikan. Mudah-mudahan kebaikan yang PT Vale lakukan bersama masyarakat, menjadi amal ibadah,”katanya.
Budiman menuturkan, dermaga tersebut dibangun dalam rangka mendukung segala aktivitas para nelayan yang ada di Desa Harapan.

“Tugas kita adalah memastikan bahwa semua yang dibangun (oleh Vale) kita manfaatkan dan rawat dengan baik. Supaya bisa digunakan dalam jangka panjang,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Manager Social Development Program PT Vale Indonesia, Ardian Indra Putra memaparkan, tujuan dari program pembangunan dermaga ini adalah untuk mendukung kebutuhan prasarana bagi para nelayan setempat, sehingga dapat memudahkan akses nelayan dan mobilisasi hasil laut.
“Prasarana yang dibangun oleh PT Vale ini juga diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi wisata laut di Desa Harapan. Karena dermaga ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” paparnya.

Ardian juga menekankan bahwa program pembangunan Dermaga Harapan dapat terwujud berkat semangat kolaborasi dan sinergi semua pihak. Untuk itu Ardian berharap agar semangat menjaga keberlanjutannya juga menjadi tanggung jawab jawab bersama.

“Kami dari manajemen PT Vale sekali lagi mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini. Kami menyadari dalam perjalanannya PKPM ini tidak semuanya memenuhi ekpektasi dan sempurna. Untuk itu kami berharap kepada semua pihak untuk terus bersedia bersinergi bersama dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan kemandirian masyarakat pascatambang,” ucap Ardian.

Dermaga yang dibangun memiliki panjang 200 meter dan pada prosesnya PT Vale menambah panjang dermaga sepanjang 75 meter. Proyek Pembangunan dermaga dimulai pada Februari 2023 dan rampung di bulan Juli 2023.***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *