oleh

Hadirkan Tiga Narasumber dari Perguruan Tinggi, USN Kolaka Gelar Seminar Nasional Fakultas Hukum

-BERITA-3 views

FOKUSKATANESW.COM.KOLAKA-Universitas Sembilanbelas November ( USN) Kolaka menggelar seminar nasional fakultas hukum. Berlangsung di aula auditorium kampus USN Kolaka, pada selasa (5/12/2023/) pagi.

Diketahui kegiatan tersebut dengan mengangkat tema “Peran Hukum Mewujudkan Keadilan Dalam Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara di Indonesia”.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Iman Prihandono, SH.,MHM.,LLM., Phd,. Bersama Wakil dekan Unhas. Prof. Dr Maskun,.SH,.LLM,. dan Dr Herman SH.

Rektor USN Kolaka Dr Nur Ihsan mengatakan, bahwa tema yang di angkat dalam kegiatan ini sangat menarik dan relevan untuk dikaji dalam mengelolaan dan pemanfaatan sumber dalam alam serta mineral semakin kompleks dengan dinamika. Hal itu sejalan dengan daerah Kolaka yang kaya akan sumber daya meneral dan pengelolaan yang dilakukan beberapa perusahaan baik itu Negara dan Swasta, agar bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk itu sebagai akademisi, pelaksanaan seminar nasional fakultas hukum ini merupakan bagian dari upaya kita dalam mengawal terwujudnya harapan tersebut.Tetapi intinya terus meningkatkan wawasan tentang keilmuan dibidang hukum pertambangan,” katanya

Nur Ihsan berharap kehadiran Nara sumber agar bisa semakin menguatkan ekosistem atau iklim pendidikan khsususnya di fakultas hukum di USN Kolaka dan fakultas lain yang ada, agar ikut berkegiatan dalam rangka meningkatkan indikator kinerja utama, sehingga bisa naik ketingkat lebih tinggi.

“ Saya harap kepada para narasumber, tentunya agar bisa memberikan gambaran, yakni bagaimana sih perspektif hukum terutama pengelolaan sumber daya alam kita yang ada di Kabupaten Kolaka ini, yang mungkin kita ingin menyampaikan bahwa Kolaka ini memang memiliki sumberdaya alamnya dari sisi nikel dan adalah daerah potensial,” harapnya

ia menjelaskan, saat ini pemerintah tangah mendorong setiap perguruan tinggi tidak ada perbedaan. Misalnya, USN Kolaka dan Universitas Haluoleo, selain itu Universitas Airlangga tidak berbeda dengan perguruan tinggi yang ada. Untuk itu, melalui penguatan seminar ini seperti bisa lebih fokus untuk meningkatkan USN Kolaka bisa lebih maju dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Sesuai harapan kita dan pemerintah bahwa tidak ada lagi perbedaan di perguruan tinggi terlalu jauh. Misalnya USN dengan UHO, tentu kalau kita kelihatan tentu OHO diatas dari USN Kolaka. Kemudian Universitas Airlangga tentu merupakan salah satu PTN yang sudah lebih jauh maju dengan perguruan tinggi lainnya,”jelas Nur Ihsan

Ia juga mengungkapkan saat ini pemerintah menyiapkan tiga skema agar hal itu bisa terwujud skema pertama adalah PTN satuan kerja (Satker) didorong menjadi PTN-badan layanan umum ( BLU ). Skema kedua PTN-BLU didorong menjadi PTN BH. Skema ketiga, PTN-BH di dorong menjadi PTN-Mandiri. Jadi kita komitmen bahwa USN saiap naik ke level PTN-BLU. Jadi mari kita tingkatkan level akreditasi kita,” ungkap Nur Ihsan.***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *