oleh

Dinkes Kolaka Gelar Aksi Bergizi Bersama TNI di Kecamatan Iwoimendaa

-BERITA-30 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggelar Aksi Bergizi Bersama TNI (Akzi Bertani) berlangsung di Lapangan Nirannuang Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka, pada Selasa (21/05/2022) Pagi.

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda pemda Kolaka yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Hj. Andi Wahidah, S.Pd., MM, turut dihadiri Dandim 1412 Kolaka yang diwakili oleh Perwira Penghubung Kolaka Utara Kapt. Inf. Mappatoba, dan para tim medis dinkes Kolaka, serta para siswa-siswi pelajar.

 

Ketua pelaksana Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes, Ruhaedah, SKM., MPH
dalam laporan mengatakan, kegiatan Kampanye Aksi Gizi ini dihadiri oleh 200 Orang peserta yang terdiri dari Siswi dan Guru, LS,LP dan panitia.

“Aksi Gizi ini diikuti sebanyak 200 Orang peserta yang terdiri dari Siswi dan Guru, LS,LP dan panitia,”katanya

Ia menambahkan, dimana dilaksanakan bersamaan dengan Kegiatan TNI Manunggal Masuk desa (TMMD), sebagai wujud keterpaduan TNI bersama pemerintah daerah Kabupaten Kolaka dalam percepatan terobosan pembangunan.  Serta sebagai langkah peningkatan infrasturktur dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui kegiatan penggerakan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi upaya dan intervensi dalam pencegahan stunting sejak dini. membiasakan siswa untuk sarapan dan minum tablet tambah darah dan melaksanakan aktifitas fisik/olah raga secara rutin menjadi kegiatan wajib di sekolah dengan dukungan semua pihak,”harap Ruhaedah

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, dr. Muh. Aris mengatakan, gizi merupakan komponen yang penting dan memiliki peran sentral dan merupakan salah satu dari tujuan pembangunan berkelanjutan bangsa indonesia.

“Gizi adalah komponen yang penting yang memiliki peran sentral dan merupakan salah satu dari tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,”katanya

Aris menjelaskan, terlaksananya kegiatan pemberdayaan peserta didik melalui kegiatan aksi bergizi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya Tablet Tambah Darah, olahraga/aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang (Aksi Bergizi), meningkatkan komitmen dan kolaborasi lintas sektor terkait dalam rangka penyelenggaraan Aksi Bergizi bersama TNI.

“Aksi bergizi ini tujuannya untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya Tablet Tambah Darah, dan olahraga/aktivitas fisik, serta konsumsi gizi seimbang,”jelasnya

Aris mengungkapkan, komitmen sekolah melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi secara rutin (setiap minggu), untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi dalam membiasakan konsumsi TTD, makan makanan dengan menu gizi seimbang, dan aktivitas fisk.

“Hal ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah untuk memulai meningkatkan kualitas hidup remaja indonesia, utamanya siswa siswi yang ada diwilayah Kabupaten Kolaka,”ungkapnya

dr Aris juga menjelaskan, upaya peningkatan status kesehatan anak /peserta didik di perlukan intervensi bersama dalam rangka penguatan pelaksanaan Imunisasi dan Aksi bergizi melalui Keputusan bersama  4 Menteri, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Nomor: 03/KB/2022 Nomor: HK.01.08/MENKES/1325/2022 Nomor: 835 TAHUN 2022 Nomor: 119-5091.A TAHUN 2022 tentang upaya peningkatan status kesehatan peserta didik.

Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah Kampanye Aksi Bergizi dengan memastikan peserta didik perempuan mengonsumsi Tablet Tambah Darah 1 (satu) kali setiap minggu, yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah sederajat dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/ sederajat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kolaka, Muhammad Fadlansyah yang di wakili oleh Asisten Administrasi Umum Hj. Andi Wahidah, S.Pd., MM mengatakan, bahwa keberhasilan pencegahan penyakit baik menular maupun tidak menular sangatlah tergantung pada perilaku individu, kualitas lingkungan, dan dukungan regulasi untuk hidup sehat.

Untuk itu, dengan adanya keterlibatan secara aktif dan berkesinambungan seluruh komponen sangat dibutuhkan, baik dari pemerintah pusat / daerah, sektor non pemerintah, media massa serta masyarakat dalam sebuah aksi nyata guna mendorong terwujudnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pada momen kali ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka bekerjasama dengan TNI Manunggal Masuk Desa tengah menyelenggarakan kegiatan penggerakan germas (gerakan masyrakat hidup sehat) melalui ”Aksi Bergizi Bersama TNI” yang dilaksanakan di Kecamatan Iwoimendaa.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut agar menjadi komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu), untuk meningkatkan kesadaran siswa siswi dalam membiasakan konsumsi TTD, makan makanan dengan menu gizi seimbang, dan aktivitas fisik sehingga penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dapat terwujud dan berkesinambungan, serta Generasi Masa Depan Dapat Menjadi Generasi Emas,”harap Asisten Administrasi Umum Hj. Andi Wahidah,. ***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *