oleh

Rektor USN Kolaka Secara Resmi Buka Pameran Hasil Karya Mahasiswa FTI

-BERITA-748 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Rektor Universitas Sembilanbelas November Kolaka,Dr.Azhari secara resmi membuka langsung pameran hasil karya mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer angkatan tahun 2018, Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Ilmu Komputer di Auditorium Kampus USN Kolaka,Provinsi Sulawesi Tenggara,Rabu (22/6/2021)

Dalam pemeran tersebut, Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Ilmu Komputer memamerkan 27 hasil karya teknologi Microcontroller sirkuit terpadu (Integrated Circuit), dengan sistem tertanam (embedded system)

Dari 27 hasil karya tersebut berupa mesin otomatis. Di antaranya alat pengukur kelembapan tanah, Arm Leg Robot with Joystick (Pengendali Lengan Robot dengan Joystick), Mobil Penghindar Hambatan (Smart Car), Pengendali Lampu Otomatis dengan Smartphone berbasis Arduino Uno, dan Hand Sanitizer Otomatis dengan Sensor Ultrasonic SRF05.

Rektor USN Kolaka Dr.Azhari mengatakan dari karya mahasiswa Prodi Ilmu Komputer karena dianggap mampu merancang sebuah sistem kerja tertentu yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.untuk itu ketika dikembangkan hasil karya mahasiswa ini akan dilirik oleh masyarakat.

“Walaupun saat ini hanya dirancang dalam skala kecil namun ketika dikembangkan hasil karya anak-anak mahasiswa ini akan dilirik oleh masyarakat,”kata Azhari

Azhari juga mengharapkan dengan hasil inovasi ini,USN akan berkembang menjadi kampus yang lebih maju kedepan dan inovasi mahasiswa ini akan menjadikan kampus yang sejajar dengan kampus sains lainnya.

“Saya harap kepada anak-anak mahasiswa membawa kampus USN yang lebih maju kedepan dan inovasi mahasiswa ini akan menjadikan kampus yang sejajar dengan kampus sains lainnya yang ada di indonesia,” harap Azhari

Lebih lanjut,kata dia semua fakultas diharapkan mampu melakukan inovasi bukan saja fakultas tehnologi Informasi semua falkultas yang ada di USN, apalagi saat sekarang ini dunia pendidikan semakin maju dan berkembang.

“Silahkan kembangkan inovasinya karena ini sangat baik dan bisa digunakan oleh masyarakat,” ungkap Azhari.

Dr. Azhari menambahkan, dengan berbagai macam karya yang diciptakan mahasiswa maka cerminan USN akan menjadi baik dalam bidang sains dan teknologi kedepan.

”Hal yang membuat takjub saya dengan keterbatasan anggaran, mahasiswa dapat merakit berbagai macam produk elektronik. Apalagi ditengah suasana pandemi saat ini,” tuturnya.

Rektor USN Kolaka berharap karya yang dihasilkan mahasiswa USN dapat menjadi awal yang baik untuk kedepan dalam mensejajarkan diri dari kampus kampus sains dan teknologi diluar sana.

” Sayangnya, keterbatasan anggaran membuat mahasiswa hanya bisa menciptakan produk elektronik dengan seadanya. Kedepan pihak USN berjanji bakal menyiapkan anggaran untuk mahasiswa Ilmu Komputer, agar dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu Dosen pembimbing program studi Ilmu Komputer, Nur Fajriah mengatakan, walaupun pembelajaran dilakukan secara daring, namun mahasiswa mampu menghasilkan karya yang begitu baik.

”Ini hebat sekali, karena walaupun pembelajaran dilakukan secara daring tanpa tatap muka, namun mahasiswa mampu menghasilkan produk elektronik yang luar biasa,” ujar Nur Fajriah.

Usai membuka secara resmi pameran itu Azhari yang didampingi wakil rektor serta dekan sainstek meninjau langsung pameran hasil karya mahasiswa program studi ilmu komputer.(fkn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *