oleh

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Ditengah Pandemi Covid 19, bagi Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari

-BERITA-1,103 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA -Dr.Azhari oleh masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kabupaten Kolaka tidak hanya dikenal sebagai Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, namun dibalik ternyata nama besarnya itu ternyata dirinya juga diaanggap sebagai leader (pemimpin) di lingkungan tempat dirinya berdomisili selama ini yakni di kompleks perumahan Griya Bukit Kolumba Kelurahan Lalombaa Kabupaten Kolaka. Hal tersebut nampak menjelang idul qurban dan sholat idul adha beberapa waktu lalu.

Kepada media ini, Dr. Azhari mengatakan bahwa hari Idul Qurban merupakan hari dimana umat muslim patut merayakannya dengan melakukan penyembelihan hewan qurban dan Sholat Idul Adha, kendati negara kita masih dalam kondisi penuh pembatasan karena pandemic Covid-19. Namun begitu kata pria alumni STPDN ini rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha tetap dilaksanakan meski dengan izin dari pemerintah daerah dengan tetap mengikuti protocol kesehatan.

“Alhamdulillah, Tahun ini pemerintah Kabupaten Kolaka masih memberi izin kepada kami untuk berlebaran  bersama, tentunya dengan pembatasan protokol covid. Bupati Kolaka lewat himbauannya agar bilapun tetap ingin  menyelenggarakan perayaan Idul Adha 1442 hijriyah, harus tetap mematuhi protokol covid dan memperbanyak tempat untuk menghindari kerumunan warga,” terang Azhari.

Terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha beberapa waktu lalu, dirinya mengaku bahwa di kompleks perumnas yang kini telah berkembang menjadi beberapa kompleks perumahan termasuk perumahan Griya Bukit Kolumba yang kini dikembangkannya, telah bersepakat dengan pengurus Lingkungan dan masjid lingkungan tersebut, untuk menjadikan lahan terbuka perumahan yang ada sebagai tempat melaksanakan Ibadah Idul Adha meski dengan catatan apabila tidak turun hujan sehari sebelumnya dan saat malam dan pagi jelang Iduk Adha.

“Allhamdulillah cuaca mendukung. Sholat Idul Adha tetap dilaksanakan di lokasi terbuka kompleks perumahan. Jadi dalam pelaksanaannya, kami minta waktunya dipercepat, semua memakai masker, serta kami siapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh,” terangnya.

Selain pelaksanaan sholat Idul Adha, bersama masyarakat setempat, Rektor USN Kolaka ini juga mengatur metode penyembelian dan pembagian daging qurban di wilayah tempat tinggalnya dengan menunjuk beberapa penanggung jawab.

“Dalam pemotongan hewan kurban, manajemen perumahan Griya Bukit Kolumba mengatur per RT di wilayah perumahan tersebut, dimana setiap RT diatur oleh tiga hingga empat orang penangungjawab, warga diberi kupon dan diminta dapat mengambil daging kurbanya pada jam 9 pagi hingga jelang waktu lohor,” terang Azhari.

Dirinya berharap semoga pandemi covid 19 ini cepat berlalu dan masyarakat dapat diberi kesehatan agara bisa berkatifitas seperti sedia kala.

“Semoga Allah melindungi bangsa, daerah, lingkungan dan keluarga kita dari wabah covid 19. Selanjutnya kita dapat dipertemukan lagi dengan Idul Adha tahun berikutnya dalam keadaan Sehat Wal Afiat. Dan kepada semua keluarga, sahabat, handai taulan  dimanapun berada, kami menghanturkan ucapan Selamat Idul Adha, minal Aidin Wa Faizin mohon maaf lahir dan batin,” pinta Rektor USN Dr. Azhari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *