oleh

Pemda Kolaka Gelar Musrenbang dan Seribu Vaksin di Kecamatan Wundulako

-BERITA-163 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka menggelar pelaksanaan musrenbang Kecamatan yang merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahunnya, Dimana pada kali ini musrenbang yang ke 6 tersebut dilaksanakan di Kecamatan Wundulako bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wundulako,Kabupaten Kolaka Senin (7/2/2022).

Dalam kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini di buka langsung oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka H. Muh. Bakri, mewakili Bupati Kolaka, dan turut hadir pula pada kegiatan ini Ketua DPRD Kolaka Ir. Syaifullah Halik bersama anggota DPRD, Kepala Bappeda H. Sjamsul Kadar, SE., M. Si, Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kolaka Drs. Wardi, M. Si, Kepala SKPD Lingkup Pemda Kolaka, Camat, Lurah dan Kades serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan agama.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra H Muh Bakri dalam arahannya menyampaikan bahwa kepada seluruh pihak untuk memperhatikan protokol kesehatan (Prokses),untuk diketahui bahwa Varian omicron ini mulai melanda kota besar dan bahkan sudah ada di daerah-daerah, olehnya itu semua kegiatan diwajibkan untuk lebih memperhatikan prokes.

“Saya harap semua pihak agar perhatikan protokol kesehatan (Prokses), Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Varian omicron ini mulai melanda kota-kota besar yang ada di indonesia dan bahkan sudah ada di daerah kita. Untuk itu semua kegiatan diwajibkan untuk lebih memperhatikan protokol kesehatan,”harapnya

Meskipun telah ada warga Kolaka yang terkonfirmasi terpapar varian omicron, dirinya juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih membolehkan adanya kegiatan. Namun, dengan persyaratan harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Kegiatan musrenbang ini masih akan dilanjutkan di beberapa kecamatan. Di bulan ini juga ada kegiatan MTQ tingkat kabupaten, dan perayaan HUT Kolaka. Apabila saat kegiatan itu berlangsung dan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kegiatan tersebut, maka tentu pemerintah akan menunda kegiatan tersebut. Dan kepada warga yang menyelenggarakan pesta perkawinan kami minta juga untuk melaksanakan imbauan pemerintah tersebut,” katanya.

Dia juga menjelaskan tentunya dengan kaitanya kegiatan musrenbang ini nantinya akan dilakukan penginputan desk semua program yang telah diusulkan disetiap Kecamatan. Semua program skala prioritas maupun program-program yang tentunya berskala kelanjutan.

“Kalau itu sudah di input tentu ini semua akan menjadi program yang setiap tahunnya dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,”jelas Bakri

Lebih lanjut, kata dia untuk menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Kolaka, dilaksanakan kegiatan musrenbang dan serbu vaksin yang mana dilakukan sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk menggenjot vaksinasi. Dimana tujuan vaksinasi tersebut yaitu untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Alhamdulillah untuk vaksinasi di Sultra, khususnya Kabupaten Kolaka yang terbaik. Berdasarkan pendataan online, Kolaka berada di urutan pertama diantara 17 kabupaten/kota di Sultra,”ujarnya.

Untuk lebih mengoptimalkan vaksinasi, maka harus perlu menyasar ke desa atau kelurahan yang presentase tingkat vaksinasinya masih tergolong rendah. Serta juga meminta kepada seluruh SKPD di lingkup Pemkab Kolaka agar memfasilitasi warga yang kesulitan untuk datang ke tempat vaksinasi.

“Kalau ada warga yang sudah tua renta dan belum divaksin, maka sebaiknya para SKPD menyediakan kendaraan untuk mengantar warga tersebut. Kita semua harus membantu pemerintah untuk menyukseskan vaksinasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi,”ungkapnya (fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *