oleh

KPPN Kolaka Kenalkan APBN Kepada Siswa SMKN 1 Kolaka

-BERITA-19 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menggelar kegiatan Treasury Goes To School, dalam rangka mengenalkan APBN kepada para generasi muda, Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 1 Kolaka, selasa (23/8/2022).

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 siswa tersebut berlangsung meriah. Dengan mengambil tagline “Mengenal APBN, Bantu Indonesia Maju” para siswa dari SMKN 1 Kolaka mendapat penjelasan secara umum mengenai apa itu APBN, fungsi, manfaat dan penggunannya dalam membangun negara dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala KPPN Kolaka, Arief Rokhman yang didampingi tiga narasumber muda dari KPPN Kolaka menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan APBN kepada para generasi muda khususnya di wilayah Kolaka. Dengan lebih paham selanjutnya para generasi muda tersebut nantinya dapat berperan dalam menjalankan APBN secara lebih baik.

“Para generasi muda ini harus dikenalkan secara dini mengenai APBN, karena merekalah yang nantinya akan menjalankan APBN tersebut baik di level daerah bahkan sampai nasional” ujar Arief.

Arief menambahkan bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah tidak terlepas dari peran APBN. Karena itu baik buruknya pelaksanaan APBN akan berpengaruh terhadap hasilnya. Dari konsepsi ini maka pentingnya pengenalan APBN kepada para siswa menjadi nyata. Selain itu materi terkait APBN kepada generasi muda tersebut juga dikenalkan tentang tugas dan fungsi Kementerian Keuangan termasuk di dalamnya KPPN Kolaka selaku Kuasa Bendahara Umum Negara (Kuasa BUN) dan representasi Kementerian Keuangan di daerah.

Lanjutnya narasumber juga menyampaikan pengetahuan tentang antikorupsi dan bagaimana seharusnya seluruh elemen masyarakat dalam membangun budaya antikorupsi. Karena korupsi akan menjadi penghambat keberhasilan pelaksanaan APBN dalam mencapai tujuan berbagsa dan bernegara sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945.

“Materi selanjutnya adalah tentang sekolah kedinasan PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) dengan harapan agar ke depannya semakin banyak siswa-siswi putra Kolaka dapat masuk ke STAN dan berkiprah dalam pengelolaan keuangan negara.**(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *