oleh

PT Vale Menandatangani Perjanjian Kerjasama Investasi Blok Bahodopi Bersama TISCO dan Shandong Xinhai Technology

-BERITA-181 views

FOKUSKATANEWS.COM.JAKARTA-
PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menandatangani perjanjian kerjasama Investasi Blok Bahodopi dengan Shandong Xinhai Technology dan Taiyuan Iron & steel Grup Co, Ltd TISCO, yang dilaksanakan secara daring bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta pada Selasa (6/9/2022).

Untuk diketahui penandatanganan perjanjian kerjasama Investasi Blok Bahodopi, melalui daring didua tempat yakni Jakarta  pihak Vale Indonesia ditandatangani oleh Wapresdir PT Vale Indonesia Adriansyah Chaniago bersama CFO Bernardus Irmanto, dan Shandong Xinhai Technology, di tandatangani Langsung oleh Vice GM Xinhai, Song Zhaojun. Sementara di China yang di tandatangani langsung oleh Mr. Gao Feng, President Assistant TISCO, yang disaksikan langsung oleh Menteri Energy Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif bersama Direktur Utama PT Vale Indonesia Febriany Eddy.

Direktur Utama PT Vale Indonesia Febriany Eddy mengatakan, bahwa proyek yang ditargetkan akan beroperasi komersial pada akhir 2025 mendatang dengan menelan investasi US$ 2,1 miliar.

Febriany juga menjelaskan, dalam kerjasama ini, PT Vale Indonesia dan partner menyepakati pelaksanaan proyek rendah emisi.

“Ini salah satu bukti (komitmen) berkelanjutan ini kami sepakat untuk menggunakan emisi rendah karbon dan akan digerakkan dengan tenaga gas alam,” jelas Febriany di Hotel Borobudur, Jakarta pada Selasa (6/9/2022).

Lebih lanjut, kata dia, PT Vale Indonesia mengempit 49 % saham dan sisanya 51% oleh perusahaan JV TISCO dan Xinhai.

“Secara rinci, Vale Indonesia mengempit 49 % saham dan sisanya 51% oleh perusahaan JV TISCO dan Xinhai,”ungkap Febriany Eddy

Sementara itu Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, penandatanganan perjanjian kerjasama Investasi Blok Bahodopi ini merupakan bukti komitmen PT Vale dengan amanah undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas undang – undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara maupun peraturan pemerintah nomor 96 tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara.

“Kami harap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, dan kami dari kementerian ESDM akan sangat
senang hati memberikan dukungan karena apa yang telah disepakati hari
ini akan memberikan nilai tambah positif,” kata Arifin Tasrif.

Ia juga menjelaskan, komitmen Vale yang tidak hanya berorientasi pada profit tapi juga pada people dan Planet. Hal ini terintegrasi tidak hanya dari sisi profitnya namun memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

“Waktu itu kami berkunjung ke PT Vale di Sorowako dan melihat langsung komitmen Vale yang dijalankan dengan baik, bagaimana perusahaan tambang ini diterima dengan baik, yakni memelihara lingkungan dengan baik, dan memberikan kontribusi penerimaan yang luar
biasa,”jelasnya.

Arifin Tasrif mengungkapkan Vale telah membuktikan komitmennya bahwa perusahaan tambang yang beroperasi di indonesia, tidak hanya mengeruk kekayaan alam, PT Vale juga memberikan manfaat dan nilai tambah bagi Indonesia, tidak hanya kepada negara tapi juga kepada masyarakat dan lingkungan.

“PT Vale telah membuktikan bahwa perusahaan tambang yang beroperasi di indonesia, tidak hanya mengeruk kekayaan alam, tapi PT Vale memberikan manfaat dan nilai tambah dan tidak hanya kepada negara tapi juga kepada masyarakat dan lingkungan,”ungkap Arifin Tasrif.**(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *