oleh

Kadis Kesehatan Kolaka Buka Pelatihan Kader dan Nakes Tingkat Kabupaten Kolaka 2022

-BERITA-38 views

FOKUSKATANEWS.COM. KOLAKA-Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri membuka pertemuan dan pelatihan pembinaan kader pembangunan manusia terkait 1000 HPK, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan Bayi Balita tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2022. berlangsung di hotel sutan raja Kolaka, Jumat (30/9/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri, mengatakan pelatihan pencegahan stunting membutuhkan penyelesaian secara lintas sektoral, dan saat ini stunting merupakan issu nasional yang lagi marak dibicarakan disemua tempat sehingga harus mendapat perhatian khusus karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak dimasa depan.

“Kegiatan pencegahan stunting ini perlu dilakukan secara berkoordinasi dan bersama lintas sektor yang akan melibatkan semua pihak termasuk para kader dan bidan desa yang menjadi ujung tombak penggerakan dan pemberi pelayanan di desa mulai dari masa hamil, bahkan sejak remaja sudah harus minum TTD sekali seminggu dan ibu hamil 90 tablet selama kehamilannya untuk mencegah terjadinya anemia dan perdarahan saat melahirkan, anak yang baru lahir harus mendapat IMD dan asi eksklusif sampai usia 6 bulan kemudian dilanjutkan dengan MP-ASI dan tetap memberikan asi sampai dengan usia 2 tahun,” kata Harun dalam sambutannya.

Ia menjelaskan dengen berdasarkan PP No.72 tahun 2021 sasaran berisiko dalam hal ini keluarga dengan 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) akan mendapat pendampingan dari tim pendamping keluarga.

“Kami minta para kader dan nakes harus dapat memastikan stiker P4K yang tertempel dirumah-rumah setiap ibu hamil, agar nantinya dapat dengan mudah memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu terjadi komplikasi,”jelasnya.

Harun Masirri berharap bahwa peran kader dan nakes dalam menurunkan angka kematian ibu dan stunting sangat besar, sehingga kegiatan yang akan berlangsung dalam dua hari itu dapat memberi pengetahun yang labih banyak dan lebih baik lagi bagi kader dan nakes.

“Kami harap agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan dan nantinya akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kepedulian bapak ibu kader untuk dapat berkontribusi dalam konvergensi pencegahan dan percepatan penurunan stunting dan kematian ibu/balita di Kabupaten Kolaka,” harap Harun Masirri saat membuka Kegiatan Pertemuan dan Pelatihan Kader Stunting dan Nakes tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2022.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan Nur Afni Suryani Gavoer, dalam laporannya menyampaikan para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 108 orang diantaranya dari Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Bidan Desa dari 27 Desa/Kelurahan lokus yang ada di Kabupaten Kolaka.

“Kita ketahui bersama tujuan dari kegiatan tersebut adalah secara umum untuk meningkatkan kapasitas kader dan nakes dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting, dengan menghadirkan narasumber dari dinkes Kolaka, Bappeda Kolaka, dan Dinas PMD Kolaka,” ungkapnya.**(DRT).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *