oleh

Bupati Kolaka Resmi Kukuhkan Pengurus Pusat Dewan Adat Mekongga Periode 2021-2026

-BERITA-17 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, secara resmi membuka dan sekaligus mengukuhkan pengurus pusat dewan adat Mekongga (PP-DAM) Kolaka Sulawesi Tenggara, periode 2021-2026, berlangsung di Hotel sutan raja Kolaka, pada sabtu (15/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kolaka H.Muh.Jayadin, Sekertaris Daerah Pemda, Poitu Murtofo, para  Sekjen / lembaga adat Tolaki Sulawesi Tenggara, Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Kepala pengadilan Agama Kolaka, kepala Kejaksaan Kolaka, Ketua Panguyuban Kerukunan se-Kabupaten Kolaka, para Kepala SKPD Pemda Kolaka,jajaran BUMN, dan BUMD.

Ketua Panitia kegiatan
dalam laporannya  menyampaikan, bahwa tujuan dari pengukuhan ini untuk memberikan legitimasi, penguatan, motivasi, terhadap pengurus pusat dewan adat mekongga untuk bekerja dan membuat program kerja dan membuat perencanaan serta program-program dalam rangka memelihara, mengembangkan, melestarikan dan melindungi adat istiadat sejarah kebudayaan mekongga.

Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka H.Muh.Jayadin yang dalam hal ini juga sebagai ketua dewan adat mekongga mengatakan, pengukuhan dan rapat kerja pengurus pusat adat mekongga Kabupaten Kolaka merupakan agenda kegiatan yang harus dilaksanakan oleh dewan adat mekongga Kabupaten Kolaka setelah kepengurusan yang baru dengan tujuan menunjukkan lembaga dewan adat mekongga kolaka masih tetap eksis dilaksanakan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai lembaga perwakilan masyarakat adat mekongga di Kolaka.

“Jadi kegiatan yang harus dilaksanakan dewan adat mekongga Kabupaten Kolaka harus menunjukkan lembaga dewan adat mekongga tetap eksis, sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai lembaga perwakilan masyarakat adat mekongga,”katanya

Lebih lanjut, kata dia musyawarah kerja dewan adat mekongga ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi dan Konsolidasi dalam rangka memperkukuh solidaritas sesama masyarakat adat mekongga, bersama dengan seluruh komponen etnis suku bangsa yang ada di kabupaten kolaka.

“Saya berharap dalam musyawarah kerja dewan adat mekongga ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan Konsolidasi dalam rangka memperkukuh solidaritas sesama masyarakat adat mekongga, bersama dengan seluruh komponen etnis suku bangsa yang ada di kabupaten kolaka,”harap Muh Jayadin

Ditempat yang sama, Bupati Kolaka H.Ahmad Safei dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan pengukuhan dewan adat  mekongga dapat dimaknai bahwa keberadaan dewan adat mekongga akan memegang peranan penting dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat. Dewan adat mekongga juga sebagai lokomotif perencanaan pembangunan di daerah ini, dan akan lebih berhasil lagi bila mendapat dukungan dari komunitas masyarakat adat yang bersatu.

Ia menambahkan hadirnya dewan adat mekongga sangat diharapkan peranannya dalam berbagai aktivitas sosial budaya di masyarakat, dan merupakan aset kekayaan budaya bangsa yang harus terus diberdayakan, dilestarikan, dikembangkan fungsi dan peranannya untuk kepentingan pembangunan daerah dan masyarakat kolaka khususnya.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk memaknai secara sungguh-sungguh makna dari “Kalo Sara” dalam kehidupan dimasyarakat dengan motto ” Inae Kona Sara Ie Pineka Sara, Inae lia Sara Ie Pineka Sara,”. Tak hanya itu, saya bersama jajaran pemerintah daerah Kabupaten Kolaka juga mengucapkan selamat atas pengukuhan dewan adat mekongga priode 2021-2026 dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini.ungkap Ahmad Safei **(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *