oleh

Baik Tangani BABS, Kolaka Raih STBM Award 2022 dari Kemenkes RI

-BERITA-12 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Dalam upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat dengan tidak lagi melakukan praktik buang air besar sembarangan. Prestasi yang berhasil dicapai oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka yakni penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu penghargaan dalam bidang kesehatan lingkungan dimana diberikan bagi daerah atas keberhasilannya.

Penghargaan tersebut di terima langsung oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei yang didampingi oleh Kadis Kesehatan Harun Masirri, Menerima Penghargaan STBM Award tahun 2022,  pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang digelar oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Kepala Desa Tikonu, Sabaruddin T Pauluh mengatakan,bahwa penghargaan tersebut bukan untuk dirinya pribadi, tapi untuk masyarakat Desa Tikonu yang pada Agustus 2022 lalu, tim penilai STBM Award turun langsung melakukan penilaian atau verifikasi lapangan di Desa Tikonu.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada kami masyarakat Tikonu,”kata Sabaruddin.

Sementara itu, koordinator Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kolaka Iwan mengatakan, bahwa untuk mendapatkan STBM Award, kabupaten/kota di Indonesia harus mencapai kriteria Open Defecation Free (ODF) atau percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Jadi seratus persen masyarakat itu sudah memahami dan merubah perilakunya menjadi lebih baik lagi dalam hal pemanfaatan jamban keluarga yang sehat,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan STBM mencakup 5 pilar yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan pangan aman sehat rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah rumah tangga.

“STBM Award yang diraih oleh Pemkab Kolaka masih mencakup pilar 1, yaitu Stop BABS. Di tahun-tahun mendatang itu adalah STBM Award pengembangan, pilar 2 sampai 5 itu akan diintervensi lebih lanjut,” jelasnya.

Iwan menambahkan Kementerian Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada Kepala Desa Tikonu sebagai desa/kelurahan yang telah mencapai kriteria ODF. Penghargaan tersebut diserahkan secara daring.

“Tim dari Kementerian Kesehatan memilih Kepala Desa Tikonu yang telah ODF kemudian ditunjuk dan diwawancarai. Dan Alhamdulillah pada saat verifikasi kemarin, berlangsung aman penyampaian dari kepala desa. Kemudian dari Pusat nyatakan baik dan layak,”ujar Iwan.

Untuk ketahui Kabupaten Kolaka merupakan salah satu dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2022 sebagai Kabupaten/Kota terbaik Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Open Defecation Free) dengan kategori Supply Creation.**(DRT).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *