oleh

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia USN Kolaka Jalin Kerjasama PKS dengan Empat Sekolah Penggerak

-BERITA-25 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA UTARA-Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USN Kolaka terus berupaya menjalin kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai stakeholder. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengembangkan jejaring yang luas untuk lebih menjangkau keterlibatan berbagai pihak dalam berbagai kebijakan program,dan kegiatan yang terkait dengan tridarma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pertemuan Penandatangan PKS dengan SMAN 1 Batuputih, SMPN 5 Kolaka Utara, dan SMPN Satu Atap 3 Kolaka Utara di Ruang Dewan Guru SMAN 1 Batuputih Baru-baru ini Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 4 Sekolah Penggerak Angkatan 1 di Kabupaten Kolaka Utara, yakni 1) SMAN 1 Pakue, 2) SMAN 1 Batuputih, 3) SMP Negeri 5 Kolaka Utara, dan 4) SMP Negeri Satu.Atap 3 Kolaka Utara, Selasa (15/11/2022).

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,Takwa, S.Pd., M.Hum mengungkap bahwa kerja sama sangat berperan penting dalam
pengembangan sebuah institusi pergurun tinggi dan mitra yang melakukan kerja sama.

“Ada keuntungan kepada setiap pihak yang bekerjasama. Dari sisi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,kami tentunya dapat mengirim mahasiswa
PPL, riset kolaboratif, hingga pada keperluan pendukung Akreditasi Program Studi. Meskipun demikian, disisi lain ada kewajiban kepada mitra yang juga harus dijalankan seperti
pengabdian dosen yang sesuai dengan apa yang tertulis di dalam PKS,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Pakue, Drs. Idil, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama ini dengan stakeholder khususnya dengan USN Kolaka dapat terbangun dengan baik.

“Harapan saya selaku Kepala Sekolah hubungan dengan stakeholder khususnya dengan USN Kolaka dapat terbangun dengan baik. Kami selalu membuka diri, karena dalam Program Sekolah Penggerak menghendaki adanya kolaborasi” kata Drs. Idil.

Di tempat terpisah, Kepala SMAN 1 Batuputih, M. Sahur Haryun, S.Pd. mengaku sudah lama menginginkan adanya kerja sama ini.

“Terus terang sekolah kami harus menjalin kerja sama. Terlebih dalam PSP (Program Sekolah Penggerak) kita dituntut untuk bermitra dengan siapapun untuk kepentingan pemajuan sekolah. Khususnya dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, SMAN 1 Batuputih membutuhkan bantuan tenaga pendamping untuk kegiatan seni, budaya, dan sastra untuk peserta didik” ujar M. Sahur.

Lebih lanjut, Kepala SMP Negeri 5 Batuputih, Juanda, S.Pd. berharap agar kerja sama yang ada tidak hanya sebatas di atas meja, perlu aksi konkrit.

“Selama ini kerja sama yang dijalin dengan berbagai pihak sudah beberapa kali dilakukan oleh sekolah. Akan tetapi, tindak lanjut dalam bentuk kegiatan masih sangat minim.”ujarnya.

Adapun Kepala SMP Negeri Satu Atap
3 Kolaka Utara, Syamsuriadi S.,S.Pd.lebih menyoroti terkait dengan kegiatan-kegiatan yang berbasis pada
pengembangan SDM.

“Harapan saya selaku pimpinan agar guru-guru saya terus mengembangkan kapasitas dan kompetensi. Semoga kerja sama ini dapat menyentuh pada kegiatan pelatihan dan pengembangan kompetensi dan professional guru,” kata Syamsuriadi.

Sementara itu, salah seorang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Dr.Sarmadan, M.Pd yang datang saat kunjungan sekolah mengatakan bahwa agenda kerja sama ini sebenarnya lama digagas.

“PKS ini seingat saya sudah lama direncanakan kira-kira sejak tahun lalu di Oktober 2021. Dan akhirnya baru terealisasi hari ini.Harapannya semoga secepatnya ada kegiatan kolaborasi antara Prodi PBI dengan sekolah, baik itu kegiatan seni sastra atau pelatihan bagi guru, dan sebagainya” tutup Dr. Sarmadan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *