oleh

BEM dan FKIP USN Kolaka Laksanakan Masa Bimbingan ke ll Tahun 2022

-BERITA-8 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melaksanakan MABIN (Masa Bimbingan) FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yang ke II Tahun 2022 selama dua hari.Pada tanggal 1 Oktober dan 2 Oktober 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi sekaligus membimbing mahasiswa angkatan baru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk menjadi kader yang lebih mengedepankan etika, memiliki intelektualitas. Seperti tema kegiatan MABIN ini yakni “Terciptanya Kader FKIP yang Beretika dengan Jiwa Kepemimpinan yang Responsif Serta Intelektualitas Dalam Memajukan Pendidikan Bangsa”.

Ketua Umum BEM FKIP USN Kolaka sangat mengharapkan dengan telah terlaksananya kegiatan MABIN ini, kelembagaan FKIP USN Kolaka ini memiliki regenerasi pemimpin yang lebih baik di masa kepengurusan selanjutnya.

“Saya sangat berharap atas terlaksananya MABIN ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki kader yang lebih mengedepankan etikanya dan juga terbentuk jiwa kepemimpinannya untuk FKIP yang lebih baik sebagai regenarasi pemimpin lembaga kemahasiswaan dalam hal ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun lembaga lainnya” ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan yang kedua tahun ini, dan Alhamdulillah saya lihat pesertanya lebih banyak dari MABIN tahun kemarin..” ujar Ayahanda La Alu,S.Pd.,M.Hum (Wakil Dekan 1 FKIP USN Kolaka) dalam sambutannya pada saat acara pembukaan.

Pencetus MABIN ini yaitu Demisioner Ketua BEM FKIP Periode 2020 – 2021 dan jajarannya juga sempat hadir setelah acara pembukaan dan menyampaikan sejarah MABIN ini kepada peserta.

Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan Saat Melantik Kepala UPT, Ketua Jurusan dan Ketua Program studi di lingkup USN Kolaka : Foto Istimewa.

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr Nur Ihsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala UPT, Ketua Jurusan dan Ketua Program studi di lingkup Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Untuk diketahui dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilingkup USN Kolaka berdasarkan sesuai dengan keputusan Rektor USN No : 329/UN56 /KP.07.00/2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala UPT Bahasa, Kepala UPT Laboratorium terpadu, Ketua jurusan, dan Ketua program studi sebanyak 17 orang, berlangsung di Aula Auditorium USN Kolaka. Sulawesi Tenggara,rabu (12/10/2022).

Rektor USN Kolaka Nur Ihsan  dalam sambutannya mengatakan bahwa ketua program studi di USN Kolaka dalam pembagian tugas selalu tidak berimbang, karena ketua program studi yang mengambil banyak bimbingan skripsi terhadap mahasiswa, akhirnya sulit alokasikan waktu untuk melayani mahasiswa bimbingannya.

“Saya harap jangan karena sebagai ketua program studi, kemudian proses membimbing dituntut sebanyak-banyaknya, akhirnya menumpuk, tidak mungkin bisa dialokasikan dalam waktu singkat untuk melayani mahasiswa,”katanya

Lebih lanjut kata dia terkait penasehat akademik (PA), menurut Nur Ihsan PA di USN Kolaka belum berjalan dengan maksimal. Diketahui didalam ada instrumen yang harus diisi oleh setiap dosen yang melakukan bimbingan terhadap mahasiswanya.

“Jadi penasihat akademik di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka belum berjalan maksimal, padahal ada instrumen yang harus diisi oleh setiap dosen yang melakukan bimbingan. Semoga tahun depan kita bisa mulai melakukan audit internal akademik,” kata Nur Ihsan.

Ia juga berharap kepada ketua jurusan dan ketua program studi agar selalu fokus terhadap pengembangan program studinya kedepan.

“Saya harap kepada para ketua jurusan dan ketua program studi yang ada di USN agar betul-betul fokus terhadap pengembangan program studinya kedepan,”harap Nur Ihsan.

Diketahui dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut turut dihadiri para dekan dan Civitas akdemika USN Kolaka.

Rektor USN Kolaka Dr Nur Ihsan Saat Membuka Secara Resmi Kegiatan Expo Agripreneur dan Talkshow 1.0 : Foto Istimewa.

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara, Dr Nur Ihsan secara resmi membuka kegiatan Expo Agripreneur dan Talkshow 1.0, yang digelar oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP).

Kegiatan tersebut mengambil tema “Start Up and Show Up Your Mind To be A Success Enterpreneur” berlangsung di Aula FPPP Kampus Baru Tanggetada, pada senin (12/09/2022).

Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya akan selalu memberikan dukungan untuk setiap kegiatan unit kemahasiswaan dikampus USN supaya kedepannya lebih bergairah lagi.

“Jadi untuk kedepannya akan dibuat perencanaan untuk kegiatan setiap kegiatan, jika anggaran cukup untuk mendukung kegiatan pasti akan diberikan,”.Katanya

Nur Ihsan juga mengajak semua untuk membangun jiwa interpreneur, sebab
kedepan penerimaan ASN
semakin sedikit.

“Saya harap kita semua untuk terus membangun jiwa interpreneur, karena
kedepannya nanti penerimaan ASN semakin sedikit,”harap Nur Ihsan .

Sementara itu, Ketua Panitia, Yuli Purbaningsi mengatakan, bahwa wirausaha di daerah dapat mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan pekerjaan serta menjaga kestabilan ekonomi dan mampu meningkatkan
ekonomi daerah.

“Seorang wirausaha di daerah diantaranya juga dapat mengurangi pengangguran menciptakan lapangan
pekerjaan menjaga kestabilan ekonomi dan mampu meningkatkan ekonomi daerah,”katanya.

Ia mejelaskan, kedepannya mahasiswa tidak hanya mencari pekerjaan, melainkan menciptakan sebuah lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Kegiatan ini juga sebagai
pemahaman Bagaimana cara
membangun tradisi mahasiswa dari dalam diri mereka, kemampuan bersaing, menciptakan produk dan memiliki daya saing serta nilai jual yang tinggi,”jelas Yuli.

BEM USN Kolaka Saat Menggelar Seminar Kepemudaan: Foto Istimewa.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebilanbelas November (USN) Kolaka menggelar seminar kepemudaan, dengan tema “Peran Pemuda dalam Memberantas HOAX dan Isu Sara dalam Bermedia Sosial Serta Implikasi Hukum Terhadap Pelaku”. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor USN Kolaka Nur Ihsan, bertempat digedung auditorium USN Kolaka. Selasa (8/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kapolres Kolaka AKBP Resza Ramadianshah, didampingi Kabag OPS Polres Kolaka AKP I Gede Pranata Wiguna, wakil rektor III USN Kolaka, Kasat Reskrim Polres Kolaka AKP Lewangga Yudha Prawira Tandungan dan sejumlah mahasiswa BEM USN Kolaka.

Kapolres Kolaka AKBP Resza Ramadianshah,mengapresiasi yang dilakukan mahasiswa USN pada kegiatan seminar kepemudaan ini dengan mengangkat tema “Peran Pemuda dalam Memberantas HOAX dan Isu Sara dalam Bermedia Sosial serta Implikasi Hukum Terhadap Pelaku”.

“Kami apresiasi tema yang diangkat mahasiswa USN dalam kegiatan seminar kepemudaan ini sangat menarik khususnya jelang tahun politik mendatang, yang mana mahasiswa dapat menganalisis untuk dapat memahami tentang hukum,”katanya

AKBP. Resza Ramadianshah juga menjelaskan dalam kegiatan seminar kepemudaan kali ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan di kampus, agar mahasiswa nantinya dapat memahami langka hukum yang harus dilakukan dalam memberantas hoax serta isu sara dan utama implikasi saat bermedia sosial.

“Mahasiswa harus pahami langka-langka yang harus dilakukan dalam berantas hoax serta isu sara, dan utama implikasi saat bermedia sosial. Karena ini bisa merusak generasi kita kedepan,” kata Kapolres Kolaka Resza Ramadianshah dalam sambutannya

Sementara itu Rektor USN Kolaka Dr. Nur Ihsan dalam sambutannya mengatakan kegiatan seminar kepemudaan ini bermanfaat khususnya kepada mahasiswa agar dapat produktif dan mengimplementasikan pengetahuan hukum secara akademik tentang
bahaya hoax serta isu Sara, khsusnya menjelang tahun politik.

“Seminar kepemudaan ini bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat produktif dan Implementasikan untuk pengetahuan hukum secara akademik tentang bahaya hoax dan isu sara,”katanya

Nur Ihsan menambahkan, mengantisipasi hal tersebut, USN melibatkan Polres Kolaka untuk memberikan materi tentang dampak hukum, sehingga dalam penggunaan media sosial agar dapat berhati-hati dan tidak terjebak dalam jeratan hoax atau isu sara, khususnya soal ras, suku atau agama dan golongan.

“Hoax saat ini di mana mana, terkhusus di kalangan masyarakat dalam bermedia sosial, yang dimana kalau tidak menganalisa dengan
cermat dan berhati-hati maka akan sangat berdampak buruk, terutama jelang tahun politik di 2024 mendatang,” ungkap Nur Ihsan dalam sambutannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *