oleh

Kadis Kominfo Kolaka Buka Kegiatan Workshop Pengelolaan Metadata dan Bintek Aplikasi E-Walidata

-BERITA-3 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kolaka (Diskominfo Kolaka), menyelenggarakan Workshop Satu Data Indonesia, bertempat di Hotel Sutan Raja Kolaka . Senin, (07/08/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kolaka Drs. I Nyoman Suastika, M.Si, dan didampingi Kepala BPS Ade Ida Mane, S.STP.,M.Si, Kabid Data Statistik dan Persandian Syukri K. Bangsawan, A.Md, SE.,ME, dan Koordinator Fungsi IPDS Muh. Shamad, S.ST serta tamu undangan lainnya.

Dikeluarkannya peraturan Bupati Kolaka nomor 35 tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Kolaka yang merupakan turunan dari peraturan presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kadis Kominfo Kolaka I Nyoman Suastika menyampaikan,bahwa dinas Komunikasi dan Informatika sebagai walidata tingkat daerah yang bertugas memeriksa kesesuaian data yang disampaikan oleh produsen data tingkat daerah sesuai dengan prinsip satu data indonesia, menyebarluaskan data dan metadata, olehnya itu data yang dihasilkan oleh produsen data harus memiliki metadata.

“Data ini menjadi salah satu aset berharga dalam pembangunan suatu daerah, karena dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang lebih baik, perencanaan yang lebih efektif, serta pelaksanaan program yang lebih tepat sasaran,”katanya

I Nyoman menjelaskan,dalam konteks ini diskominfo memiliki peran yang sangat vital sebagai walidata yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengelola, dan mengamankan data dari berbagai sektor pemerintahan dan masyarakat.

“Diskominfo memiliki peran yang sangat vital sebagai walidata yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengelola, dan mengamankan data dari berbagai sektor pemerintahan dan masyarakat.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bimbingan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPENDA) Kolaka sebagai pembina data tingkat Daerah.

“Saya ucapkan terima kasih
atas dukungan dan bimbingan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kolaka dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPENDA) Kabupaten Kolaka selaku pembina data tingkat daerah,”ucapnya

Ia berharap,dalam kegiatan workshop ini akan menjadi momentum dalam mengembangkan keahlian dan pemahaman tentang metadata.

“Saya harap workshop ini akan menjadi momentum bagi kita semua untuk mengembangkan keahlian dan pemahaman kita tentang metadata .” harap I Nyoman Suastika.***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *