oleh

Kembangkan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi, USN Kolaka Lakukan MoU bersama Universitas Sumatera Utara Medan

-BERITA-38 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar warkshop pengembangan instrumen akreditasi perguruan tinggi dan program studi serta penandatanganan MoU antara universitas sembilan belas november kolaka dan universitas sumatera utara medan, berlangsung di hotel Sutan Raja Kolaka, kamis (22/2/2024).

Diketahui Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kesiapannya bertransformasi menuju
Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri USN Kolaka menuju Badan Layanan Umum (BLU) tahun 2024.

Dalam kesiapan USN Kolaka tersebut ditandai dengan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara USN Kolaka dengan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Rektor USN Kolaka, Dr Nur Ihsan, mengatakan USN Kolaka hingga saat ini masih berstatus PTN-Satker (Satuan Kerja), yang beroperasi dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikudristek), RI, sehingga seluruh pendapatan, termasuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari mahasiswa, harus masuk ke rekening negara sebelum digunakan oleh kampus pengelolanya.

“USN Kolaka sampai sekarang masih berstatus PTN-Satker  yang beroperasi dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia,  termasuk SPP dari mahasiswa, semua harus masuk ke rekening negara,” kata Nur Ihsan.

Lebih lanjut, kata dia, saat ini pihaknya dalam upaya peningkatan status sebagai PTN-BLU. Ia berharap USN Kolaka agar dapat mempercepat target menjadi kampus unggul di kawan Indonesia Timur.

“Alhamdulillah Universitas Sumatera Utara Medan. sebagai PTN yang sudah berstatus PTN-BH pertama di Sumatra, memilih USN sebagai satker yang akan didampingi menuju BLU,”lanjutnya

Nur Ihsan mengungkapkan, bahwa USN Kolaka merupakan PTN yang dimulai dari STIKIP, kemudian ditingkatkan menjadi universitas swasta dan di tahun 2014 lalu, USN statusnya diubah menjadi PTN.

“Dulu nama sembilanbelas November itu nomor dan ubah menjadi huruf adalah Universitas Sembilanbelas November dan selama ini USN disimpulkan memiliki kemampuan untuk meningkatkan statusnya. Sehingga dapat mendorong motivasi civitas akademika untuk meningkatkan akreditasinya,” ungkap Nur Ihsan.

Sementara itu, Rektor USU Medan, Prof. Muryanto Amin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sebagai PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) ditunjuk oleh Kemendikudristek untuk melakukan pendampingan pada kampus PTN yang masih berstatus Satker.

“Ada 22 kampus PTN-BH di Indonesia ditugaskan oleh kementerian untuk mendampingi satu atau dua PTN Satker yang ada di Daerah menuju PTN-BLU. Salah satunya, kami dari kampus USU mendampingi USN Kolaka,” kata Prof. Muryanto Amin.

Untuk diketahui, dalam program revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri menuju BLU tersebut, akan melakukan pendampingan pada peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidikan lingkup USN Kolaka serta tata kelola kampus yang unggul dan berdaya saing.***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *