oleh

Mubes TAAWU Mekongga, Abdillah : Bumikan Nilai Mepokoaso, Siap Sukseskan Program Pemerintah

-BERITA-1,417 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA Musyawarah Besar ke-1 (Mubes) Tamalaki Wonua Mekongga (TAAWU Mekongga) sukses digelar, Minggu 27/12/2020.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Dewan Adat Mekongga, Muh.Jayadin itu, berhasil menetapkan formatur terpilih Abdillah Sukarkio, SH sebagai ketua periode 2020 – 2025.

Meski Abdillah terpilih aklamasi, namun ditahap kandidasi sempat mencuat kompetitor,
Adi Sucipto, SH. Munculnya pengacara muda itu nyaris memberi kejutan dalam forum, karena dirinya tak pernah diperbincangkan para peserta Mubes.

“Izin pimpinan sidang, saya Adi Sucipto dengan ini menyatakan mundur dari pencalonan, dan mendukung sepenuhnya kepada saudaraku yang selama ini telah mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk kebesaran organisasi TAAWU Mekongga,” tegas Adi Sucipto diujung tahap penetapan calon.

Usai Abdillah ditetapkan sebagai ketua oleh pimpinan sidang dan membacakan ikrar dihadapan peserta Mubes, dirinya kembali menegaskan kepada seluruh anggota dan simpatisan agar merajut persaudaraan dan persatuan sesama masyarakat adat Mekongga, dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya ditengah gempuran arus modernisasi.

“Pada kesempatan ini,saya kembali tegaskan mari kita bumikan nilai Mepokoaso (persatuan). Persatuan bukan saja diantara sesama warga masyarakat adat Mekongga. Tapi siapapun yang telah hidup di Bumi Mekingga wajib kita saling menguatkan.Ini semua adalah aset yang sangat berharga untuk kita jaga bersama – sama,” harap Sukarkio dalam Sambutannya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa organisasi yang dinahkodainya siap menjalin kemitraan dan kaborasi besama pemerintah.

“Visi dan Misi organisasi ini sangat jelas bahwa akan mendukung program – program pemerintah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Forum tertinggi tersebut, juga menetapkan Suharman Samudra Wasirih, SH sebagai Sekretaris dan Herdian sebagai Bendahara.

Selain itu, Mubes juga memutuskan posisi Pelindung dan Penasehat secara otomatis dijabat oleh Majelis Adat dan Dewan Adat. Sedangkan Dewan Pembina direkomendasikan akan dijabat 7 orang tokoh dari berbagai latar belakaang profesi yang dianggap refresentasi mewakili masyarakat adat Mekongga,”pungkasnya

 

Laporan : Tim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *