oleh

Bupati Kolaka mimpin langsung Musrenbang tingkat Kecamatan

-BERITA-879 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-
Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH memimpin langsung musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunanan rencana kerja pemerintah daerah Kab. Kolaka tahun 2022 yang di laksanakan di Kecamatan Tanggetada, Rabu (17/02/2021).

Turut hadir mendampingi bupati kolaka didalam kegiatan ini Asisten l bidang pemerintahan dan kesra Drs.H. Muh. Bakri, SH., MH, Asisten ll bidang perekonomian dan pembangunan Mustajab, SE., M. Si, Kepala Bappeda H. Sjamsul Kadar, SE., M.Si, Anggota DPRD Dapil 3 wilayah selatan bapak Abdul Rauf dari partai gerindra, bapak Agus Salim dari partai perindo dan camat tanggetada serta hadir Kepala SKPD terkait, Muspika kecamatan, Lurah, Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta karang taruna Kecamatan Tanggetada.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Samsul Kadar menyampaikan, musrenbang ini adalah sebuah siklus perencanaan yang merupakan kewajiban sebagai warga negara untuk memberikan masukan saran pada pemerintah pusat, provinsi, kabupaten sampai pada pemerintah kecamatan dan lurah/desa,

“Sehingga kita melaksanakan musrenbang ini didasari oleh peraturan UU No 25 tahun 2014 kemudian ditindak lanjuti dengan peraturan No 12 tahun 2019 karena ini merupakan siklus.Maka ditindak lanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 tentang sistem perencanaan dan membuat rencana jangka panjang daerah untuk 25 tahun ke depan kemudian menyusul rencana pembangunan jangka menengah daerah untuk 5 tahunan,”jelasnya

Samsul Kadar menambahkan, tahun ini pemerintah pusat telah memberikan arahan dan petunjuk untuk berpedoman dalam peraturan pemerintah dalam negeri No 70 tentang sistem informasi perencanaan daerah dan inilah yang menjadi pedoman untuk tahun 2022.

“Sehingga pemerintah daerah telah memberikan arahan, petunjuk untuk membuat program- program prioritas dan menyikapi aspirasi bapak/ibu sekalian agar perencanaan pembangunan kita betul-betul
yang dibutuhkan untuk diwilayah kita,”ucapnya

Sementara itu Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam arahannya mengingatkan mengenai covid-19 ini, karena masa pandemi belum berakhir dan tugas semua masyarakat bagaimana carannya untuk mengurangi penyebarannya.

“Mari sekali lagi kita mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini dengan senantiasa menerapkan 3M.

Bupati kolaka juga menekankan kepada para camat, lurah, kepala desa, tokoh masyarakat, dan pengusaha marilah semua melibatkan diri dalam program penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pemasyarakatan dengan usulan-usulan yang telah disampaikan pada kegiatan musrenbang ini.

“Akan tetapi jangan semua targetnya pada pemerintah untuk membiayai paling tidak kita pelihara saja hasil-hasil pembangunan yang sudah ada, karena itu kita sudah ikut berpartisipasi dan mari kita hidupkan lagi jiwa gotong royong seperti dulu,”tutup Bupati Kolaka.

Dengan adanya kehadiran anggota DPRD ini, agar semua usulan masyarakattubisa sinkron, karena kalau kita musrenbang usulan-usulan yang disampaikan harus yang betul-betul prioritas. Sehingga kehadiran anggota DPRD pada hari ini bisa untuk mensinkronkan saat musrenbang dan reses pada nantinya,”pungkasnya (fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *