oleh

Bupati Kolaka dan Wakil Bupati Kolaka Terima Vaksin Covid-19 tahap Ke dua

-BERITA-940 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Setelah sempat tertunda Vaksin Covid-19 tahap pertama yang dilaksanakan di rumah sskit SMS Berjaya pada 2 Februari 2021 lalu, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH,. MH dan Wakil Bupati Kolaka H. Muh. Jayadin, SE., ME melaksanakan Vaksinasi tahap ke ll bertempat di Klinik Pemda Kolaka,Selasa (2/3/2021).

Sebelum dilakukan penyuntikan Vaksin, terlebih dahulu tim medis memeriksa Kesehatan baik tekanan darah dan riwayat penyakit setiap penerima Vaksin tersebut, dalam pelaksanaan Vaksinasi untuk tahap ke dua ini diikuti anggota DPRD, Kadis, Sekertaris, Tenaga BPJS, BPBD, TNI dan Polri yang akan dilaksanakan hingga tanggal 4 Maret 2021.

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kolaka dr.Aziz mengatakan,Saat ini Vaksina tahap ll yang berlangsung selama tiga hari ini mulai sejak selasa 2 maret hingga kamis 4 maret 2021, yang akan menyasar ke pejabat Negara Kepala Dinas,Seketaris, TNI- Polri,Tenaga BPJS dan BPBD.

” Tahap ke dua ini untuk tiga hari kedepan itu dulu yang kita lakukan Vaksinasi, yakni Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, para ketua dan anggota DPRD Kolaka, TNI dan Polri,para Asisten, para SKPD Pemda Kolaka, Sekertaris, Tenaga BPJS, BPBD,yang akan dilaksanakan hingga tanggal 4 Maret 2021.

Lebih lanjut dr. Aziz menjeskan, terkait pelaksanaan Vaksin Covid-19 untuk tahap ke 2 ini, terhadap bupati dan wakil bupati kolaka,karena keduanya sebagai Pejabat negara,harus dilakukan vaksinasi, Pada tahap pertama wakil bupati belum sempat divaksin karena tim pemeriksaan dari medis hasil screening pada waktu tahap pertama tidak memenuhi syarat.

” Makanya tahap kedua ini pak Bupati dan Wakil Bupati ikut di Vaksin hari ini untuk yang pertama kalinya, waktu tahap pertama memang kemarin aturannya di atas usia 60 tahun tidak boleh di vaksin, tapi sekarang sudah bisa dilakukan vaksin, begitupun dengan Wakil Bupati Kolaka,pada tahap pertama belum sempat di suntik vaksin,karena dari pemeriksaan tim medis Screering tidak memenuhi syarat,makanya tahap ke dua hari ini kembali diadakan pemeriksaan dari tim medis alhamdulillah hasilnya memenuhi syarat,makanya hari ini juga ikut divaksin,”jelasnya

Lanjutnya kata dia personil TNI-Polri juga ikut divaksin pada tahap ke ll ini, keseluruhan dengan target vaksinasi sebanyak 580 orang yang dilaksanakan di beberapa klinik seperti Klinik kantor Pemda Kolaka, Klinik Polres , Klinik Kodim serta Rumah Sakit SMS BERJAYA.

” Ya selama 14 hari setelah di vaksin kembali ,karena dua kali di suntik vaksin per orang,”ucapnya

Ia juga menjelaskan suntikan pertama untuk memicu respons kekebalan awal terhadap vaksin yang diberikan sementara suntikan kedua dapat meningkatkan kekuatan respons imun yang sebelumnya sudah terbentuk,Dengan memberikan lebih dari satu dosis vaksin, berarti memperbesar kemungkinan sistem imun tubuh untuk mempelajari virus dan mencari cara menangkal infeksi berikutnya.

‚ÄúPemberian vaksin dua kali, adalah memberi kesempatan sistem imun tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi. Mereka juga memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadal suatu virus. Agar tubuh memiliki ingatan yang cukup kuat dan lama terhadap virus tertentu setelah terpapar. Sebab, sel memori tidak bertahan selamanya. Ia akan mati seiring waktu. Dengan pemberian vaksin dua kali, tubuh terpapar lebih banyak antigen. Sehingga, sistem imun membuat lebih banyak sel memori. Hal ini memicu respons antibodi yang lebih cepat dan lebih efektif di masa mendatang,”jelasnya

dr Azis juga menghimbau kepada masyarakat,untuk ikut menyukseskan program pemerintah dengan berpartisipasi dalam pelaksanaan Vaksin Covi-19.

“Saya himbau seluruh masyarakat Kolaka ikut sukseskan program pemerintah, yang pastinya semua akan dapat,tapi ini kan peritem dulu yang divaksin karena tidak mungkin sekaligus,nanti sekitar juni baru masyarakat di lakukan Vaksin ,”tutup dr Aziz (fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *