oleh

Tahun 2021 Dinkes Kolaka Akan Bangun Puskesmas Protatype Total Anggaran 7 Miliar

-BERITA-902 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Pada Tahun Anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Kesehatan akan membangun puskesmas prototype di Kelurahan Kolakaasi,Kecamatan Latambaga,Kabupaten Kolaka. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di Bumi Mekongga,dengan total anggaran sebesar Rp 7 miliar.

Anggaran pembangunan gedung puskesmas prototype itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pusat,Jumat (9/4/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Drs Harun Masirri mengatakan pembangunan puskesmas prototype tersebut akan menelan anggaran sebesar Rp 7 miliar.

“Pembangunan puskesmas baru di Kolakaasi saat ini sudah proses lelang, diprediksi pada akhir April akan dilakukan tahapan pembangunannya,” ujar Harun Masirri

Harun mengungkapkan anggaran yang dipakai untuk membangun gedung itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pusat. Dengan pembangunan puskesmas itu, pemerintah  diharapkan bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

“Puskesmas prototype ini nantinya dilengkapi ruang observasi. Bahkan dalam kondisi tertentu kami siapkan perawatan khusus. di puskesmas tersebut juga ada nuansa kearifan lokal,” ucap Harun.

posisi puskesmas Kolakaasi lama berada di tengah masyarakat :foto (ist)

Dia menjelaskan karena posisi puskesmas di tengah masyarakat, maka dampak lingkungan  pasti ada. Namun pemerintah sudah menyiapkan strategi untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

“Kami akan siapkan analisis mengenai dampak lingkungan(Amdal) dan  Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” jelasnya.

Saat ini, pihaknya sedang memproses Amdal pembangunan puskesmas dan diprediksi sebelum  pembangunan dilaksanakan, Amdal sudah rampung.

“Kami berharap pembangunan puskesmas ini bisa memberikan dampak positif pada pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Kecamatan Latambaga dan Kecamatan Kolaka,” pungkasnya.(fkn)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *