oleh

Tim Dinkes Kolaka Pantau Distribusi Makanan Minuman Jelang Hari Raya Idul Fitri

-BERITA-1,019 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA- Tim dari Dinas Kesehatan Kolaka,melakukan pemantauan dan pengecekan distribusi makanan minuman menjelang hari raya Idul fitri, yang dijual oleh para pengusaha ritel yang ada diKabupaten Kolaka,Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (6/5/2021)

Tim tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Drs Harun Masirri didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Kolaka  Hj Asmaria Ibrahim dan dr Aziz.

Dalam pengecekan tersebut, masih ditemukan produk pajangan yang kedaluwarsa.disalah salah toko yang ada di Kabupaten Kolaka.

Kepala dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri mengatakan, kegiatan pemeriksaan produk makanan layak konsumsi adalah agenda tahunan sebelum Ramadan dan sebelum Idulfitri.

“Saya kira kegiatan ini efektif dilakukan karena setiap tahun ditemukan makanan yang tidak layak konsumsi semakin berkurang. Kita tidak pungkiri kalau kita juga menemukan makanan kedaluwarsa masih dipajang,” tuturnya tanpa menyebutkan tempat ditemukannya produk kedaluwarsa.

Harun Masirri menambahkan kegiatan yang dilaksanakan oleh tim kesehatan ini, bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk yang tidak memenuhi syarat seperti kedaluwarsa, tidak terdaftar di BPOM atau tidak memiliki IRT.

“Makanan yang didapatkan akan diamankan dan toko tersebut akan dilakukan pembinaan dan teguran. Intinya para pengusaha tidak boleh memajang bersamaan produk yang tidak layak untuk dijual dengan produk yang baik.

Lebih lanjut, kata dia adapun tim kesehatan kolaka melakukan mengecekan produk yaitu di Alfamidi, Toko Mulia Jalan Pramuka, Swalayan MGM dan TOP Swalayan Kolaka dan Alaska

“Kami tadi melakukan pemantauan yakni di Alfamidi, Toko Mulia Jalan Pramuka, Swalayan MGM dan TOP Swalayan Kolaka,” ujar Harun

Selain bahan makanan yang dipajang, petugas Dinkes Kolaka juga melakukan pemeriksaan gudang penyimpan barang.

“Gudang perlu kita periksa karena sumber barang dari gudangnya, apakah bersih atau bagaimana. gudang juga harus baik sesuai dengan produknya. Misalkan deterjen tidak boleh disatukan dengan makanan,” ucap Harun.

Harun Masirri menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap teliti di saat jika membeli bahan makanan di toko atau tempat lainnya.

“Saya himbau kepada masyarakat saat membeli produk makanan ditoko atau ditempat lain harus di teliti baik-baik. Dari hasil yang ditemukan hari ini,akan diberikan teguran,berupa teguran tertulis atau pembinaan di lapangan. Setelah itu kita akan tindaklanjuti dan melakukan evaluasi. Dalam waktu dekat, tim BPOM juga akan melakukan pemeriksaan kembali,” tutup Harun Masirri(fkn)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *