oleh

Setelah Sungai Tamborasi, Kampung Cokelat dan Kerajinan Rajutan Tali Kur kembali Masuk Ajang API 2021

-BERITA-1,191 views

FOKUSKATANEWS.COM. KOLAKA -Setelah Sungai Tamborasi terpilih sebagai Juara 3 kategori Destinasi Wisata Unik di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 lalu, tahun ini Kementerian Pariwisata kembali mengukuhkan dua ikon Kabupaten Kolaka di ajang bergengsi tersebut. Kedua ikon tersebut adalah Kampung Cokelat yang terletak di Kelurahan Lalombaa dan Rajutan Tali Kur yang merupakan cindera mata khas Kabupaten Kolaka.

Kampung Coklat merupakan kawasan pengembangan budi daya dan pengolahan tanaman cokelat seluas 1 hektar di Kelurahan Lalombaa Kabupaten Kolaka yang dimulai dari proses penanaman hingga pada tahap produksi dimana biji kakao telah diproses menjadi makanan siap saji dalam bentuk Coklat batang dan pasta.

Selain untuk pengembangan Tanaman Cokelat, Kampung Cokelat yang diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara saat Peringatan HUT Sultra tahun 2016 lalu. Juga dimanfaatkan oleh warga Kolaka sebagai tempat wisata keluarga karena dilengkapi dengan permainan outbound.
Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, Zulkarnain Mansyur mengatakan bahwa dipilihnya Kampung Coklat dan Rajutan Tali Kur dalam ajang Anegerah Pesona Indonesia tahun 2021 lantaran dua ikon Kolaka tersebut dianggap dapat memberi kontribusi yg cukup besar bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Kolaka selama ini.

” Saat ini tali kur merupakan bahan dasar yang dikerjakan oleh masyarakat Kolaka dalam membuat Rajutan Tali Kur seperti tas, sendal, sepatu dan lain lain. Dalam pengembangannya, kelompok masyarakat pengrajin ini menjadi binaan oleh Dinas Pariwisata selama ini,” jelas Kadis Pariwisata.

Ditambahkannya bahwa Kampung Cokelat di bina oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka dibawah kendali Ir. Hasbir Jaya Razak, MH akan saling bersinergi dengan SKPD terkait agar pengelolaan destinsi ekowisata semakin berkembang.

Andi Zulkarnain berharap dengan masuknya Kampung Coklat dan Rajutan Tali Kur sebagai Nominasi Anegerah Pesona Indonesia 2021 mendapat dukungan semua masyarakat Kolaka khususnya Sulawesi Tenggara dan menjadi juara di ajang API 2021 tahun ini. (HL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *