oleh

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Kolaka Harus Jadi Percontohan Pariwisata di Indonesia

-BERITA-1,326 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendorong destinasi wisata yang ada di Kolaka, Sulawesi Tenggara menjadi pusat percontohan pariwisata di Indonesia bahkan di tingkat dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Wawan Gunawan saat berkunjungan di Kabupaten Kolaka menindaklanjuti  pemaparan Bupati Kolaka, Ahmad Safei di Kemenparekraf terkait potensi pariwisata alam Kolaka beberapa waktu lalu.

“Jadi hari ini adalah tindak lanjut dari kunjungan pak Bupati Kolaka ke Jakarta, dan hari ini kami nyatakan bahwasanya upaya upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kolaka bersama jajarannya termasuk DPRD sama sama bersinergis. Kekuatan ini telah terbangun antara inovasi dan kolaborasi  telah berjalan di Kolaka,” terang Wawan (16/6/2021)

Lanjut Wawan, Kolaka harus menjadi percontohan pada kabupaten lainnya di Indonesia ini. Karena telah mampu berbuat  meski kondisi Negara masih dalam masa Covid-19 dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, obyek  wisata yang bersih, sehat dan aman untuk dikunjungi wisatawan.

“Kita harus melakukan seperti ini. Kita tidak mengutuk kegelapan dalam artian tidak menyalahkan covid melulu. Di Kolaka telah melakukan sesuatu yang ibaratnya telah menyalakan lilin, melakukan gerakan bersih indah sehat dan aman terkait destinasi Pariwisata,” pujinya.

Kolaka juga menurutnya ada gerak bersama dan cepat yang telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat dalam menggali semua potensi pariwisata yang ada. Hal ini terlihat pada pengembangan potensi kulinernya, atraksi budayanya, keunikan keunikan artistic dan  ornamen ornamen dan tatanan tatanan kehidupan dalam masyarakat dengan nilai kearifan local yang dimunculkan.

“ Apa yang diinginkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sudah terwujud di Kolaka, dan itu bukan omong kosong. Dan dari hasil kunjungan ini kami akan memaparkan kepada pak menteri kondisi Kolaka yang sangat luar biasa,” paparnya.

Dalam kunjungannya, Gunawan meninjau salah satu destinasi wisata alam di Desa Sani-Sani Kecamatan Samaturu yang akan dikembangkan sebagai percontohan wisata desa yang patuh penerapan protokol kesehatan.

“Kami hadir di Kolaka untuk meyakinkan sejauh mana penerapan protokol kesehatan, sejauh mana kedisiplinan terkait penanganan bersih, indah dan sehat di tempat wisata, kami mau pariwisata di Kolaka menunjukkan hal tersebut,”tutup Wawan Gunawan.

Dalam rangka Kunjungan Kerja Direktur Pengembangan Destinasi Regional ll Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wawan Gunawan, MM, Bersama dengan tim dari Kementerian Pariwisata, kadis Pariwisata Prov. Sultra Drs. Laode Saifuddin, dan turut dihadiri Ketua DPRD Kolaka Ir .Syaifullah Halik bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs.H. Muh. Bakri,Kepala Bappeda Kolaka, Ketua PKK Kabupaten Kolaka, Sekdis Pariwisata Kolaka, Serta Kepala SKPD yang terkait dan Camat Samaturu, serta para kepala desa yang ada di kecamatan Samaturu. (HL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *