oleh

Siswa Asal SMA 1 Kolaka Wakili Sultra di Ajang Kejuaraan KOSN Cabang Karate

-BERITA-1,911 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-  Satu lagi siswa asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara berhasil Lolos ke Tingkat Nasional dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tahun 2021 pada cabang Olahraga Karate pada jenjang Sekolah Menegah Atas (SMA).

Atlet tersebut adalah siswa
Andika Adha Muharram
asal SMA Negeri 1 Kolaka. Ia merupakan jebolan dari perguruan Lemkari Kolaka.

Kepala Sekolah SMA 1 Kolaka, Yoyok Proyo Dwi mengatakan salah satu siswanya berhasil lolos mewakili Sulawesi Tenggara di ajang  Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) cabang Karate.

“Alhamdulillah salah satu siswa kami bisa mewakili Sulawesi Tenggara pada kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) cabang Karate,” kata Kepala Sekolah SMA 1 Kolaka, Yoyok Proyo Dwi, Rabu (8/9/2021)

Siswa Andika Adha Muharram sebelumnya meraih juara 1 KOSN jenjang SMA tingkat kabupaten. Raihan itu  diumumkan oleh panitia seleksi dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Jakarta pada 1 September 2021.

“Siswa kami ini sebelumnya pernah meraih juara 1 KOSN diajang SMA tingkat kabupaten. Saat itu  diumumkan oleh panitia seleksi dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Jakarta pada 1 September 2021 lalu,”jelasnya

Yoyok Proyo Dwi menambahkan jika siswanya itu  belajar karate di bawah naungan perguruan Lemkari Kolaka dan kini sudah memegang sabuk cokelat dan Pihaknya pun memastikan akan mendukung semua kegiatan siswa-siswi baik itu kegiatan dalam sekolah maupun kegiatan luar sekolah.

“Semoga prestasi siswa kami bisa dipertahankan, dan membawa nama harum sekolah maupun Kabupaten Kolaka,” terangnya.

Sementara itu,Siswa Andika Adha Muharram mengungkapkan prestasi yang diraihnya ini  berkat kerja keras orang tua dan para senpai, terutama almarhum Senpai Yonatan Banne asal Lemkari Kolaka dan dukungan dari pihak sekolah.

“Saya belajar karate saat itu sejak lima tahun dan Alhamdulillah sudah mengikuti puluhan kali kejuaraan Karate, baik itu tingkat SD, SMP dan saat ini tingkat SMA,”ungkap Andika

Putra kedua dari bapak Jony Muharram ini mengaku akan tetap berusaha keras untuk terus berlatih, karena tanpa latihan maka mustahil akan meraih prestasi. walaupun pelaksanaan KOSN jenjang SMA dan SMK di tahun 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan dilakukan secara daring.

“Meski KOSN SMA dilakukan secara virtual, namun semua itu saya anggap sebagai perlombaan tatap muka. Semua lawan   merupakan kompetitor, jadi kita harus tetap berlatih terus  ucapnya.

Andika menambahkan untuk lokasi latihan selama ini selalu berpindah-pinda sesuai dengan arahan senpai.

“Kami Biasa latihan juga di halaman belakang rumah pribadi pak Bupati Kolaka di Watuliandu,di Alun-alun 19 November Kolaka dan biasa juga di SDN 1 Watuliandu,” tutupnya.

Diketahui Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yang dulunya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) adalah even panca lomba olahraga yang rutin dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRENAS), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(fkn)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *