oleh

Ketua DPRD Sultra Hadiri Kegiatan Hari Wayang Nasional ke 3 Tahun 2021

-BERITA-810 views

FOKUSKATANEWS.COM.KENDARI-Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara H Abdurrahman Shaleh (ARS) menghadiri acara Peringatan Hari Wayang Nasional Ke – 3 Tahun 202,turut hadir bersama Gubernur Sultra Ali Mazi dan jajaran Forkopimda Sultra, Jumat (5/11/2021) malam.

Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Shaleh yang merupakan Ketua DPW PAN Sultra, dalam sambutannya mengatakan, Wayang merupakan salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya.

“Wayang ini meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan seni perlambang. Wayang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan,”kata ARS

Lebih lanjut kata dia untuk itu wayang dianggap memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa serta peradaban Indonesia.

“Inilah yang membuat UNESCO menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003,”ucapnya

ARS menambahkan warisan budaya kemudian masuk dalam daftar Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater tertanggal 4 November 2008.

“Jadi warisan budaya masuk dalam daftar Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dengan judul The Wayang puppet theater tertanggal 4 November 2008,”ungkap ARS dalam sambutannya (Nr).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *