oleh

KPPN Kolaka Gelar Sosialisasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Penyerahan DIPA 2022

-BERITA-1,237 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka,Sulawesi Tenggara menggelar  Sosialisasi Percepatan Realisasi Anggaran dan Penyerahan DIPA tahun 2022,dengan tema “Melanjutkan dukungan pemulihan ekonomi dan reformasi”berlangsung di hotel Sutan raja Kolaka,rabu (15/12/2021).

Penyerahan secara simbolis oleh Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei bersama Kepala Kanwil DJPb Prov. Sultra, Sugiyarto.Perwakilan KPA penerima yakni Kejari Kolaka, KPA PN Kolaka, Kepala Kemenag Kolaka, Kepala BPS Kolaka dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kolaka Ahmad Safei,Kepala Kanwil DJPb Prov. Sultra, Sugiyarto.para fokopimda Kolaka dan kolaka utara,para SKPD pemda Kolaka.

Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman mengatakan APBN tahun 2022 akan melanjutkan dukungan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural dalam rangka penguatan fondasi ekonomi Indonesia, baik itu melalui reformasi penguatan kelembagaan, deregulasi, debirokratisasi.

“Hari ini rabu 15 Desember 2021 kami telah selenggarakan kegiatan penyerahan DIPA TA 2022 kepada KPA Satker Lingkup Pembayaran leppa KPPN Kolaka,”katanya

Kebijakan fiskal akan diarahkan tetap dapat ekspansif di tengah pemulihan dampak pandemi Covid-19 dengan secara bertahap melanjutkan proses konsolidasi fiskal mengingat tahun 2022 adalah periode terakhir defisit APBN dapat di atas 3 persen.

Fokus kebijakan APBN Tahun 2022 meliputi: (i) Bidang Kesehatan diarahkan untuk lanjutan penanganan Covid-19 dan penguatan reformasi sistem kesehatan. (ii) Bidang Perlindungan Sosial diarahkan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan tenaga kerja, menurunkan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, dan pembangunan SDM yang diikuti reformasi perlinsos dan penyempurnaan DTKS.

“Dalam bidang pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM; (iv) Bidang Infrastruktur; (v) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); (vi) Bidang Ketahanan Pangan; (vii) Bidang Pariwisata,”harap Arif

Sementara itu Bupati Kolaka dalam sambutannya menyampaikan arahan agar satker baik K/L maupun OPD agar merencanakan dan melaksanakan kegiatan dari awal tahun anggaran, Januari 2022. Segera lakukan proses pengadaan, lelang, e-purchasing dan lain-lain untuk belanja-belanja yang memerlukan proses PBJ sesuai ketentuan.

“Pengadaan di bawah 50 juta diharapkan melalui Bela Pengadaan dan Digipay Marketplace dengan mengutamakan UMKM setempat/local,”ujarnya

Lebih lanjut, kata dia ketepatan laporan pertanggungjawaban, transparansi, akuntablilitas dan menghindarkan dari praktik2 koruptif dan gratifikasi. Dari total belanja negara di dalam APBN tahun 2022 sebesar Rp2.714,2 triliun, dialokasikan sebesar Rp1.944,5 triliun kepada 82 K/L dan sebesar Rp769,6 triliun dialokasikan untuk Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

“Total belanja negara di dalam APBN tahun 2022 sebesar Rp2.714,2 triliun, dialokasikan sebesar Rp1.944,5 triliun kepada 82 K/L dan sebesar Rp769,6 triliun dialokasikan untuk Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD),”ungkapnya

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sugiyarto dalam sambutannya mengatakan Provinsi Sulawesi Tenggara APBN dialokasikan sebesar Rp 22,212 triliun dengan rincian dalam bentuk belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp6,459 triliun dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp15,753 triliun.

“Untuk Alokasi APBN TA 2022 di wilayah Kolaka Raya sebesar Rp 2,76 T dengan rincian melalui TKDD sebesar Rp2,34 T dan K/L sebesar Rp413 M. Kab. Kolaka dengan alokasi terbesar yaitu Rp1,2 T disusul Kolut Rp 890 M dan Koltim Rp 656 M.

Lebih lanjut,kata dia APBN yang pembayaran melalui KPPN Kolaka APBN TA 2022 berjumlah total Rp 908 M dengan jumlah DIPA K/L sebanyak 54 DIPA sebesar Rp 413 M dan 1 DIPA DAK fisik dan Dana Desa sebesar Rp 494 M untuk 3 kabupaten.

“Jadi untuk belanja K/L dirinci : Belanja Pegawai Rp218 M, Belanja barang Rp164 M dan belanja modal 30 M.

Sugiyarto mengungkapkan
KPPN Kolaka pada kesempatan ini juga akan memberikan treasury awards kepada satuan kerja yang telah melakukan upaya nyata dan mewujudkan kinerja terbaik. Ada 7 kategori yaitu Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) satker kategori pagu kecil ( di bawah 2 Milyar), kategori Pagu Sedang (2-5 Milyar) dan Besar (diatas 5 Milyar), Pelaporan Capaian Output Terbaik, LPJ Bendahara Terbaik, Rekon Laporan Keuangan Terbaik, Pejabat Perbendaharaan Terbaik. Sebagai Juara Umum tata Kelola Keuangan Satker terbaik tahun 2021 adalah Kantor kemenag Kabupaten Kolaka.

“Terakhir dan selaras dengan momen Hakordia 2021 kami sampaikan bahwa semua pelayanan pada KPPN Kolaka adalah tanpa biaya atau 0 rupiah. Pelayanan yang berintegritas, no korupsi, no gratifikasi. Dan saya yakin kita semua yang hadir juga memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan Indonesia bersih Bebas dari Korupsi,”ungkap Sugiyarto (fkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *