oleh

DPRD Kolaka Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyerahan Rancangan KUA-P, PPAS-P Tahun 2023

-BERITA-7 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin menghadiri rapat paripurna ( Pembicaraan TK.I ) DPRD Kabupaten Kolaka dalam rangka penyerahan secara resmi rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Kolaka Tahun Anggaran 2024 dan Kebijakan Umum Anggaran-Perubahan (KUA-P) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara- Perubahan (PPAS-P) APBD Kabupaten Kolaka Tahun Anggaran 2023.

Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin membacakan jawaban Bupati Kolaka atas pemandangan umum kepada seluruh fraksi DPRD Kolaka dan atas rancangan kebijakan umum. selasa (2/8/2023).

Dalam rapat paripurna tersebut di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kolaka Ir Syaifullah Halik, Wakil Ketua DPRD Kolaka Husmaluddin  dan turut dihadiri oleh Para Anggota DPRD kolaka, Pj. Sekda Kolaka, Sekretaris Dewan, yang mewakili Kapolres Kolaka,mewakili Dandim 1412 Kolaka, Ketua Pengadilan Agama Kolaka atau yang mewakili, para kepala SKPD serta undangan lainnya.

Penjelasan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei dalam rancangan tersebut yang di bacakan oleh Wakil Bupati Kolaka H.Muh Jayadin mengatakan, bahwa penyampaian rancangan KUA/PPAS dan rancangan perubahan KUA-P / PPAS-P ini merupakan rangkaian awal dalam penyusuan APBD maupun perubahan APBD, sekaligus sebagai instrumen yang menjadi terciptanya disiplin dalam proses pengambilan keputusan yang terkait dengan kebijakan pendapatan maupun belanja daerah.

Ia menjelaskan, sesuai tema RKPD tahun 2024 yaitu, pencapaian pembangunan dan SDM kab.Kolaka yang berdaya saing mandiri maka fokus pembangunan diarahkan kepada peningkatan kualitas sumbet daya manusia. Pertumbuhan ekonomi pasca pandemi pembangunan infrastruktur wilayah pemerataan pelayanan publik, pengentasan kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran serta penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak.

Pembangunan daerah ke depan masih penuh tantangan yang harus direspon dengan berbagai kebijakan yang tepat. APBD yang sehat menjadi modal yang kokoh untuk terus mendukung pembangunan dan perbaikan ekonomi.

Olehnya itu kebijakan APBD didesain agar mampu merespon dinamika perekonomian, menjawab tantangan dan mendukung pencapaian target pembangunan secara optimal. Selain hal tersebut diatas adanya kebijakan pemerintah pusat dan kebijakan provinsi sulawesi tenggara serya kebutuhan untuk menyediakan anggaran guna mendukung pencapaian target pembangunan.

“Muda-mudahan penjelasan atas rancangan KUA/PPAS tahun anggaran 2024 mendatang dan perubahan KUA-P/PPAS-P tahun anggaran 2023 ini, agar menjadi perhatian semua apa yang telah saya bacakan dan sampaikan dengan harapan kita semua diakhir perjalanan SMS Berjaya selama 2 periode,”jelasnya.***(DRT).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *