oleh

Farhana Resmi Nahkodai IDCA Kolaka Masa Bakti 2023-2027

-BERITA-15 views

FOKUSKATANEWS.COM.KOLAKA-Indonesia Drum Corps Association (IDCA) Kabupaten Kolaka telah resmi terbentuk. Pengukuhan dan pelantikan pengurus IDCA Kabupaten Kolaka masa bakti 2023-2027, berlangsung di Hotel Sutan Raja Kolaka, minggu (20/8/2023) lalu.

Wakil Bupati Kolaka yang juga Ketua KONI Kabupaten Kolaka, Muhammad Jayadin yang turut hadir dalam pengukuhan dan pelantikan pengurus IDCA Kabupaten Kolaka tersebut, mengapresiasi dan terimakasih atas terbentuknya IDCA Kabupaten Kolaka. Ia berharap, organisasi tersebut nantinya dapat membawa dan mengharumkan nama daerah di level nasional. Kegiatan pengukuhan dan pelantikan tersebut juga disaksikan oleh Pengurus KONI Sultra, Jaya Bakti.

Sementara itu, Ketua IDCA Sulawesi Tenggara (Sultra), Arsyad yang melakukan pengukuhan dan pelantikan pengurus IDCA Kabupaten Kolaka menjelaskan, IDCA merupakan organisasi pegiat olahraga masyarakat di bawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Kata dia, organisasi tersebut di Indonesia pada tahun 2015 dan itu merupakan pertama di Benua Asia.

“Untuk di Sultra, organisasi IDCA sudah berjalan lebih dari satu tahun dan IDCA di Sultra ini juga sudah terbentuk di empat kabupaten/kota yaitu Kendari, Bombana, Konawe Selatan, dan Kolaka.

“Dalam waktu dekat ini, kami juga akan melakukan pelantikan dan pengukuhan IDCA di Kabupaten Konawe Kepulauan,” bebernya.

Arsyad berharap, IDCA Kolaka nantinya dapat berperan dalam memajukan prestasi drum band maupun marching band yang ada di Sultra, khususnya di Bumi Mekongga sehingga dapat berprestasi di level nasional.

“Untuk event nasional di NTB tahun 2025 nanti kami menargetkan bisa meraih medali emas,” ujarnya.

Arsyad berharap IDCA Kolaka yang baru terbentuk itu untuk melakukan pengembangan. Agar drum band dan marching band di Bumi Mekongga bisa lebih maju.

“Masih ada pelatih marching band di Kabupaten Kolaka ini yang belum mempunyai sertifikat kepelatihan. Olehnya itu, kami harap kepada IDCA Kolaka agar ini diadakan. Supaya para pelatih ini bisa memberikan pelatihan yang lebih baik kepada anak-anak kita sehingga nantinya bisa berprestasi di level nasional,” harap Arsyad.

Ditempat yang sama,Ketua IDCA Kolaka Farhana Mallawangan mengatakan, IDCA merupakan  suatu organisasi non profit yang bergerak pada bidang olahraga yang mengandung unsur seni musik, dan budaya yang ada dimasyarakat khususnya pada wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Ya organisasi IDCA itu mencakup dan mewadahi perkumpulan, satuan, bahkan pada tingkat unit drum band, marching band serta drum corps di seluruh wilayah Indonesia,” kata Farhana.

Wanita yang kini juga menjabat sebagai Ketua Partai Golkar Kolaka tersebut, menjelaskan, bahwa IDCA merupakan suatu organisasi non politik dalam arti seluas-luasnya yang menaungi perkumpulan/satuan/unit drum corps dan marching band tingkat nasional.

“Untuk tujuan hadirnya IDCA yakni untuk bersinergi dengan kegiatan olahraga masyarakat khususnya dalam pengembangan drum band, marching band dan drum corps. Olehnya itu Selain yang menjadi fokus utama IDCA Kabupaten Kolaka yakni memajukan dan mengembangkan potensi para pemuda dalam kiprah organisasi unit drum band, marching band serta drum corps yang ada di Bumi Mekongga sehingga bisa bersaing pada event di level provinsi maupun nasional,” jelas Farhana Wallawangan

Farhana mengungkapkan, dalam terkait motivasi dibentuknya IDCA Kabupaten Kolaka, awalnya dirinya melihat ada beberapa drum band di Kolaka organisasinya belum terbentuk. Untuk itu, melalui IDCA Kabupaten Kolaka dirinya akan berusaha agar organisasi drum band maupun marching band di Bumi Mekongga bisa lebih terokomodir dan bisa berprestasi di Level Nasional.

Lebih lanjut,kata dia dalam waktu dekat, IDCA Kolaka akan unjuk gigi di level Provinsi yang akan di gelar di bulan Oktober 2023 mendatag.

“Nanti kami adakan dua bulan lagi, tepatnya di bulan Oktober 2023 nanti akan ada lomba band se-Sulawesi Tenggara yang akan digelar Kabupaten Kolaka dan dirangkaikan dengan kegiatan pasar UMKM. Sebagai tuan rumah tentu kami akan ambil bagian dalam iven tersebut dan akan memberikan penampilan yang terbaik. Tidak hanya pada level provinsi, tetapi pada level nasional kami akan mengirim adik-adik kita yang ada di Kabupaten Kolaka ini untuk berkompetisi di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2025 mendatang,” ungkap Farhana.***(DRT).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *