oleh

Pemerintah Salurkan Bantuan Kreasi Ultra Mikro Melalui PT Pegadaian

-BERITA-880 views

FOKUSKATANEWS.COM KOLAKA-Sebagai dampak dari pandemi Covid 19 di negara ini, membuat aktifitas masyarakat berpenghasilan kecil dan menengah kesulitan mempertahankan usahanya. Dengan alasan tersebut, pemerintah melalui PT Pegadaian Persero memberikan kemudahan bantuan kredit kepada masyarakat berpenghasilan kecil dan mikro melalui Program Produk Kreasi Ultra Mikro.

Dengan hadirnya program ini, diharapkan beban masyarakat kecil dan mikro yang terdampak covid 19 hingga saat ini dapat terbantu melalui pemberian kredit dengan jaminan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan baik atasnama miliknya, maupun atasnama pihak kedua.

Kepala Kantor PT Pegadaian Persero Cabang Kolaka, Rustam, mengatakan Program Kreasi Ultra Mikro yang diperuntukkan bagi  masyarakat berpenghasilan kecil dan menengah diharapkan dapat memanfaatkan bantuan kredit lunak ini di Kantor Pegadaian yang tersebar di beberapa tempat dengan jaminan kemudahan BPKB kendaraan miliknya.

“Alhamdulillah penyaluran Produk Kreasi Ultra Mikro pada PT Pegadaian Persero Cabang Kolaka berjalan dengan baik, karena memang program ini sangat menyentuh masyarakat Kolaka yang berpenghasilan kecil dan mikro,” terang Rustam.selasa (25/5/2021).

Kata dia, dalam pemasaran program ini, Pegadaian didampingi oleh Kantor Pajak dan Perbendaharaan Negara (KPPN) dalam hal pengawasannya dengan alasan bahwa dana program ini bersumber dari dana pemerintah Pusat yang disalurkan buat masyarakat berpenghasilan kecil dan menengah yang terdampak dengan Covid 19. jadi peran Pegadaian disini hanya memberikan kredit dengan beberapa kemudahan.

“Produk mikro ini perannya sangat diharapkan oleh masyarakat, karena masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak berhubungan dengan bank dapat mendapatkan bantuan modal usaha melalui pegadaian.  Alhamdulillah per bulan maret 2021 kemarin kita masih dapat menyalurkan bantuan kredit kepada masyarakat kecil pengusaha mikro ini dengan jaminan BPKB kendaraan atasnamanya,“ ujarnya.

Bahkan kata Ka Kancab PT Pegadaian Kolaka, per 1 April tahun ini, pemerintah lebih mempermudah bagi masyarakat dalam menerima bantuan kredit di Pegadaian dengan memberikan bantuan kredit dengan agunan BPKB yang mesti bukan atas namanya saja tetapi dapat pula menggunakan BPKB kendaraan atasnama orang lain atau dengan tangan kedua.

“ Jadi lebih dimudahkan lagi. Karena dapat menggunakan agunan BPKB yang bukan hanya namanya saja, tetapi dapat pula menggunakan BPKB pihak kedua,” kata Rustam

Menurut Rustam program ini berjalan di lingkup Pegadaian Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara  yang meliputi enam outlet yaitu Pegadaian Cabang Kolaka, Unit Pasar Kolaka, Unit Lamekongga, Unit Samaturu, Unit Lasusua dan Unit Lapai.
Dengan kemudahan ini katanya, semoga pemberian kredit ini dapat lebih mudah dirasakan oleh masyarakat yang sangat
membutuhkannya.

Selain Program Kreasi Ultra Mikro, PT Pegadaian Persero juga memiliki Program Gadai Peduli yaitu upaya Pegadaian mengurangi beban pinjaman masyarakat dari beban bunga pinjaman. (HL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *